BYD Persiapkan Truk Pikap Listrik Pertama, Siap Tantang Ford Ranger dan Toyota Hilux di Pasar Global
Truk pikap listrik pertama BYD. (Dok. BYD)

Bagikan:

JAKARTA - Usai mengobrak-abrik pasar kendaraan listrik juga hybrid dari model sedan hingga SUV, desas-desus BYD ingin merilis pikab kabin ganda listrik tampaknya akan jadi kenyataan.

BYd sebagai salah satu produsen mobil listrik (EV) terkemuka yang bersaing ketat dengan Tesla dikabarkan tengah bersiap meluncurkan truk pikap listrik pertamanya. Namun, truk ini tidak akan bersaing dengan Cybertruck Tesla di Amerika Serikat.

Dilansir dari CNBC dan Autoblog, 4 April, dilihat dari foto teaser terbaru menunjukkan truk BYD yang tampaknya akan menjadi pesaing kuat Ford Ranger dan Toyota Hilux di pasar internasional. Peluncuran ini menandai langkah ekspansi BYD untuk menjadi lebih kompetitif di tengah persaingan industri otomotif.

Truk BYD yang berbentuk kotak ini memiliki kabin ganda dengan sport bar unik di bak belakangnya. BYD belum merilis detail spesifik selain menyebutnya sebagai truk "energi baru" pertama mereka. Ini mengindikasikan kemungkinan BYD menawarkan opsi powertrain hybrid atau full electric.

Belum ada informasi pasti mengenai jadwal peluncuran dan harga jual truk ini. Namun, melihat strategi BYD yang agresif dalam hal harga dan pertumbuhan, truk ini diprediksi akan menjadi produk yang menarik.

BYD tengah melebarkan sayap ke berbagai pasar global, namun mereka menyatakan belum memiliki rencana untuk memasuki Amerika Serikat. Di kawasan Asia, Australia, dan Amerika Selatan, truk pickup berukuran kecil justru memiliki pangsa pasar yang besar.

Ditambah lagi, BYD dikenal dengan harga yang kompetitif sehingga penjualannya mampu melesat pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

BYD kemungkinan besar juga memiliki kapasitas produksi yang mumpuni untuk memproduksi truk ini dalam jumlah besar, sesuatu yang sempat menjadi tantangan Tesla di awal pengiriman Cybertruck.