Mercedes-Benz Bakal Rombak S-Class dan EQS
Mercedes-Benz EQS. (Dok. Mercedes-Benz)

Bagikan:

JAKARTA - Mercedes-Benz dikabarkan tengah bersiap membawa perubahan signifikan pada S-Class dan EQS.

Bersumber dari Car and Driver yang disitat kembali dari CarBuzz, Kamis, 4 April, ini merupakan bagian dari rencana pabrikan yang merevisi perencanaan strategi kendaraan listrik (EV) sesuai dengan keinginan pasar.

Untuk model S-Class, facelift yang pertama akan hadir dengan perubahan signifikan. Fasia depan dan belakang akan didesain ulang dengan interior mendapatkan peningkatan.

Bagian dalamnya akan menampilkan dasbor terbaru dengan Hyperscreen yang ditingkatkan dan layar untuk penumpang dijadikan sebagai opsional. Setir kemudi akan memiliki roda dan tombol yang memudahkan pengguna, menggantikan kontrol sentuh yang ada saat ini.

Facelift ini diperkirakan akan hadir pada 2029 dengan penyegaran ringan. Selanjutnya, di tahun 2033 S-Class bakal hadir dengan generasi terbaru. Hal tersebut mengikuti rencana dari sang rival, Audi, yang juga memperpanjang umur dari A8.

5

Sementara, Mercedes harus mengembangkan EQS untuk memberi nilai tambah yang dipunyai model ini. Meskipun kendaraan ini dikenal akan kenyamanan dan fitur canggihnya, mobil bergaya limosin ini tidak terlalu menarik bagi para pelanggan sehingga tidak banyak yang membelinya.

Dalam beberapa bulan mendatang, EQS akan mendapatkan baterai yang lebih besar berukuran 118 kWh, dengan kursi belakang Executive untuk para kalangan atas, serta dihadirkan dengan perubahan yang halus.

Kemudian, platform model ini akan diganti dari 400V menjadi konfigurasi 800V yang berkontribusi dalam menambah jarak tempuh lebih jauh dengan pengisian daya lebih cepat.

Model terbaru ini akan mengusung platform MB.EA-L dan menampilkan grill lebih tegak dan mewah terinspirasi dari model Mercedes di masa lalu.

EQS terbaru akan memiliki sejumlah komponen yang akan diperkenalkan seperti motor listrik eATS 2.0, transmisi dua percepatan, dan sel kimia dari model listrik berbasis MMA.

Pabrikan menetapkan pengganti EQS pada tahun 2028 dan diharapkan hadir dengan desain lebih tradisional, material lebih canggih, serta perbanyak opsi seperti yang ditawarkan pada Rolls-Royce.