Siri Ditemukan Tidak Berfungsi di iOS 18.1 Versi Beta

JAKARTA – Banyak pengguna iPhone yang sudah menunggu peluncuran iOS 18.1 karena sistem operasi (OS) ini menyertakan Apple Intelligence. Namun, saat versi betanya dirilis ke publik, OS ini membawa masalah.

Berdasarkan laporan 9to5mac, beberapa pengguna iOS 18.1 versi beta mengatakan bahwa Siri berhenti berfungsi di perangkat mereka. Asisten virtual buatan Apple itu muncul di bar notifikasi dengan keterangan, "Siri Tidak Tersedia.

Laporan mengenai Siri yang tidak berfungsi banyak beredar di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, sejak 12 September lalu. Beberapa pengguna mengatakan bahwa masalah ini muncul di iPhone yang menjalankan iOS 18.1 beta 3.

Pengguna menyadari masalah ini saat mereka ingin menggunakan Siri. Ketika diaktifkan, Siri menampilkan pesan yang menyatakan bahwa 'Data untuk menggunakan Siri sedang diunduh' atau 'Sambungkan ke Wi-Fi untuk menyelesaikan pengunduhan Siri'.

Sementara itu, di dalam pengaturan Siri, sistem menjelaskan bahwa asisten virtual tersebut sedang berusaha mengunduh Apple Intelligence, inovasi yang berisi berbagai fitur Kecerdasan Buatan (AI). Meski berusaha, pengunduhan tetap tidak berhasil.

Masalah ini sudah pasti terjadi karena bug dan hal ini tidak mengejutkan. Pasalnya, versi beta berbeda dengan sistem yang lebih stabil sehingga beberapa masalah yang tidak terduga sering muncul di dalamnya. Meski begitu, masalah ini perlu diatasi oleh Apple.

Bug ini hanya mengganggu beberapa pengguna iOS 18.1 beta 3 dan sepertinya masalah ini masih terjadi. Pengguna yang terdampak sudah berusaha mematikan ponsel untuk memperbaiki Siri, tetapi asisten virtualnya masih tidak berfungsi.