Google Chrome Luncurkan Fitur Grup Tab ke iPhone dan iPad

JAKARTA – Setelah dirilis di perangkat Android, fitur Grup Tab yang berisi kumpulan beberapa tab akhirnya tersedia di Google Chrome untuk iPhone dan iPad. Fitur ini terlihat di aplikasi seluler Chrome dalam versi 128.

Pembuatan Grup Tab di aplikasi Chrome untuk iPhone dan iPad sedikit berbeda dengan perangkat Android. Biasanya, pengguna hanya perlu menekan dan menggeser tab ke tab lainnya, tetapi Chrome versi iOS dan iPadOS memiliki metode yang sedikit berbeda.

Saat salah satu tab ditekan dalam waktu lama, pengguna akan melihat opsi Tambahkan Tab ke Grup Baru. Jika memilih opsi tersebut, pengguna akan diminta memasukkan nama grup yang diinginkan serta warna untuk tab-nya sebelum mengetuk tombol Buat Grup.

Untuk menambahkan tab baru dari luar grup, pengguna harus melakukan tahapan yang sama, yaitu menekan tab dan memilih opsi Tambahkan Tab ke Grup. Saat mengeklik opsi tersebut, pengguna akan melihat grup yang telah dibuat dan opsi pembuatan grup baru.

Cara ini memang tidak efisien jika dibandingkan dengan Chrome untuk perangkat Android. Pengguna bisa menyeret dan melepas tab dengan mudah, tidak seperti Chrome versi iOS atau iPadOS. Tidak diketahui mengapa Google tidak menggunakan kemampuan yang sama.

Google juga akan menambahkan kemampuan untuk menyinkronkan Grup Tab di beberapa perangkat. Dengan kemampuan ini, pengguna bisa mengakses Grup Tab dengan mudah saat beralih dari ponsel ke komputer.

Integrasi antara Chrome versi seluler dan desktop akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi internet. Google belum menjelaskan apakah fitur ini hanya akan tersedia di perangkat Android atau akan ditambahkan juga ke iOS.