Apple Akan Luncurkan Fitur Image Playground dan Genmoji di iOS 18.2

JAKARTA – Apple akan menambahkan banyak fitur baru di iOS 18 berbasis Kecerdasan Buatan (AI) berkat Apple Intelligence. Beberapa fitur baru yang akan terlihat di OS ini adalah Image Playground dan Genmoji.

Dua fitur ini sudah diperkenalkan di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 sehingga banyak yang menunggu, tetapi versi beta dari iOS 18 dan iOS 18.1 tidak menampilkan dua fitur ini. Kabarnya, Image Playground dan Genmoji akan ditambahkan di iOS 18.2.

Dilansir dari 9to5mac, dua fitur ini diperkirakan akan tersedia di versi beta iOS 18.2 pada Oktober mendatang dan versi stabilnya mungkin akan dirilis pada Desember. Namun, ada kemungkinan versi stabil dari dua fitur ini baru diluncurkan pada awal tahun depan.

Image Playground merupakan fitur yang Apple rancang untuk membuat gambar AI dalam tiga gaya, yaitu Animasi, Ilustrasi, dan Sketsa. Gambar yang dihasilkan masih bisa dikreasikan menggunakan kategori yang tersedia seperti aksesoris, tema, tempat, dan kostum.

Seluruh gambar yang dibuat di Image Playground bisa disimpan ke dalam aplikasi Foto atau File. Sementara itu, Genmoji merupakan fitur baru untuk membuat emoji khusus berdasarkan perintah. Fitur ini akan mempercepat pembuatan emoji kreatif.

Genmoji bisa dimasukkan ke dalam teks sehingga emoji yang dibuat akan terlihat seperti emoji normal bawaan keyboard. Apple juga menyediakan API Genmoji untuk para pengembang yang ingin memasukkan fitur ini ke aplikasi mereka.

Jika aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, Telegram, X, dan aplikasi lainnya yang mendukung pertukaran pesan tidak mendukung penggunaan Genmoji, fitur ini tidak bisa digunakan sebagai emoji. Namun, pengguna masih bisa mengunggah emoji dalam bentuk gambar.