Moeldoko Konfirmasi PT MAB Siap Sediakan Truk Listrik untuk IKN dan Rancang EV Double-Cabin

JAKARTA - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) merupakan pabrikan kendaraan lokal yang memiliki komitmen dalam pengembangan elektrifikasi kendaraan niaga dan telah memamerkan teknologinya dalam gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024.

Tidak hanya itu, perusahaan ini ternyata juga dipercaya dalam menghadirkan kendaraan berat sebagai operasional di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan. Ini sejalan dengan visi IKN menjadi kota serba hijau.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sekaligus Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, yang mengatakan MAB telah menerima banyak permintaan untuk menghadirkan truk atau kendaraan pembersih jalan.

“Yang saya dengar dari CEO MAB, ada beberapa pesanan untuk IKN kayak truk dan pembersih jalan jadi sudah banyak permintaannya,” kata Moeldoko kepada media di Menteng, Jakarta, Rabu, 4 September lalu.

Hanya saja, Moeldoko belum bisa berbicara mengenai kendaraan lain seperti bus listrik untuk dihadirkan di IKN, namun PT MAB dengan siap mendukung pemerintah dalam menyediakan mobilitas ramah lingkungan.

“Untuk bus sepertinya belum, tapi kita siap berikan dukungan,” tambah Moeldoko.

 Sasis truk listrik yang dikembangkan PT MAB

Selain akan menyediakan kebutuhan kendaraan di IKN, Moeldoko juga memastikan bahwa PT MAB akan menawarkan kendaraan angkutan kota yang ditenagai oleh listrik.

“Nanti MAB berencana untuk hadirkan angkutan kota, seperti mikrolet tapi dengan tenaga listrik yang sedang disiapkan,” jelas Moeldoko.

Meskipun akan menghadirkan kendaraan berat dan angkutan kota, pria berumur 67 tahun ini belum bisa memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat menyediakan kendaraan berpenumpang, tetapi sedang merancang mobil berkabin ganda.

“Belum ada rencana kita ke pasar mobil penumpang, mungkin lebih ke double-cabin dan sedang kita rancang dan uji coba,” pungkas Moeldoko.