Pikap Listrik Buatan Indonesia ini Siap Saingi Kendaraan LIstrik Seperti Ford F-150 Lightning
Inilah prototipe MAB P50E E-Double Cabin (Foto: VOI/Bagus Muhammad Hafizh)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menjadi ajang pembuktian beberapa pabrikan kendaraan listrik. Terutama bagi mereka yang berkomitmen untuk terjun ke ranah elektrifikasi demi mendukung program pemerintah soal kendaraan bebas emisi.

Namun, merek yang dihadirkan tidak hanya berasal dari luar negeri. Melainkan, juga hadir salah satu merek kendaraan nasional, Mobil Anak Bangsa (MAB).

Dalam booth yang tersedia, MAB menampilkan beberapa model kendaraan listrik. Yang menarik perhatian ialah model pikap listrik terbarunya, P50E E-Double Cabin.

Pikap tersebut hadir di area booth milik MAB dengan bentuk prototype. Walaupun demikian, diharapkan P50E dapat dijual secara resmi pada akhir 2023.

Direktur Utama MAB, Kelik Irwantono, mengatakan bahwa, komponen yang ada di mobil ini masih berasal dari China. Namun, pihaknya mengusahakan akan berbicara dengan beberapa produsen komponen mobil, termasuk baterai yang dibuat oleh pabrikan dalam negeri.

"Untuk komponennya masih dari sana (China). Untuk baterai, kami lagi bicara dengan salah satu produsen baterai di Indonesia. Sehingga bobot local content-nya lumayan tinggi," ujar Kelik saat sesi wawancara dengan wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dilihat dari segi desain, kendaraan listrik ini terlihat kokoh yang membuatnya cocok berjalan di segala medan yang tidak kalah dengan beberapa pikap lain dari brand pesaing.

Meskipun demikian, P50E E-Double Cabin ini diperuntukkan sebagai kendaraan niaga. Mobil ini siap mengantarkan barang ke manapun hingga ke wilayah pelosok sekalipun.

Diketahui bahwa kendaraan listrik P50E E-Double Cabin tersedia dalam dua opsi jarak tempuh, yaitu 200 km dan 300 km. Meskipun MAB belum mematok harga pada pikap ini, namun menurut perkiraan harganya akan lebih murah dibandingkan pikap pesaing seperti Ford F-150 Lightning.