Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif asal Swedia, Volvo secara resmi mengungkapkan versi facelift XC90 generasi saat ini dengan meningkatkan berbagai elemen, mulai dari interior lebih nyaman hingga usung teknologi lebih terdepan.

CEO Volvo Cars Jim Rowan, mengatakan bahwa XC90 facelift merupakan salah satu mobil elektrifikasi dengan mengusung sistem plug-in hybrid (PHEV) dan mild-hybrid yang dikenal fleksibel dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

“Produk hybrid andalan kami telah menjadi salah satu model terlaris kami selama bertahun-tahun dan masih menjadi favorit di antara banyak pelanggan,” kata Rowan dalam laman resmi merek, Jumat, 6 September.

5

Berbeda dengan versi sebelumnya, XC90 facelift ini mendapatkan revisi pada bagian lampu depan yang disebut sebagai ‘Thor Hammer’ dengan grill berpola diagonal baru yang membuatnya terlihat lebih baru.

6

Berpindah ke bagian interior, SUV flagship Volvo ini ditambahkan material baru dengan layar sentuh berukuran 11,2 inci yang berdiri di dasbor, menggantikan tampilan 9 inci yang ada pada model sebelumnya.

Usung bahasa desain Skandinavia kontemporer, dasbornya memiliki bentuk yang lebih horizontal dan mulus dibandingkan sebelumnya dengan dihiasi panel dekoratif yang terbuat dari bahan daur ulang premium.

Elemen premium pada bagian interior juga ditonjolkan dengan menghadirkan salah satu sistem audio terbaik dari merek Bowers & Wilkins High Fidelity yang dapat mereplikasi akustik panggung, ruang konser, maupun klub jazz.

Berbicara performanya, varian T8 usung sistem PHEV dengan mesin bensin berkekuatan 306 dk dengan motor listrik bertenaga 143 dk, yang memiliki baterai listrik sehingga mampu memberikan jarak tempuh 70 km menurut WLTP.

Tentunya ini XC90 ini tertinggal di belakang dibandingkan para rivalnya seperti Tiguan PHEV yang dapat memberikan jangkauan dengan listrik murni hingga 113 km dalam sekali pengisian daya dan Audi Q7 PHEV menawarkan 84 km.

Volvo juga sediakan varian mild-hybrid 48V pada varian B5 yang memiliki mesin bensin berkekuatan 247 dk dan tipe B6 bertenaga 296 dk. Keduanya juga menawarkan sistem turbocharged serta menjanjikan peningkatan efisiensi dalam konsumsi BBM.

SUV ini juga menawarkan air suspension yang dapat diturunkan hingga 20 mm atau dinaikkan hingga 40 mm. Volvo mengklaim bahwa sistem kekedapan kabinnya telah ditingkatkan demi meningkatkan kenyamanan penumpang dan pengemudi.

Volvo XC90 facelift telah tersedia dipesan dan dijadwalkan mulai diproduksi mulai akhir 2024, disusul dengan pengiriman unit pertamanya ke pelanggan.