Google Rilis ChromeOS 128, Pembaruan Sistem untuk Chromebook

JAKARTA – Google meluncurkan versi stabil dari ChromeOS 128 pada 4 September lalu. Sistem operasi (OS) untuk Chromebook ini mendapatkan banyak perubahan, termasuk peluncuran beberapa fitur baru.

Melalui halaman bantuan Google, karyawan bernama Josh menjelaskan bahwa ChromeOS 128 mendapatkan fitur baru yang disebut Grup Snap. Fitur ini diluncurkan untuk mengelompokkan jendela dan mengelola jendelanya dengan mudah.

"Grup snap terbentuk saat Anda memasangkan dua jendela untuk layar terpisah. Anda dapat menyatukan kembali jendela, mengubah ukurannya secara bersamaan, atau memindahkan keduanya sebagai satu grup," kata Josh dalam keterangannya.

Fitur lain yang Google luncurkan adalah pengingat kontrol privasi di setelan Aplikasi ChromeOS. Untuk melihat kontrol baru ini, pengguna hanya perlu membuka Setelan, mengeklik menu Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang diinginkan di Kelola Aplikasi Anda.

Berikutnya, Google menambahkan dukungan Pengenalan Karakter Optik (OCR) di aplikasi kamera ChromeOS. Dengan adanya OCR, pengguna bisa mengekstrak teks dari gambar yang diambil dengan mudah. Kemampuan ini terintegrasi langsung dengan machine learning.

"Ini memungkinkan penyalinan dan pencarian teks dari gambar, pengucapan teks dari gambar oleh pembaca layar, dan pembuatan PDF yang dapat dicari dari gambar," jelas Josh. "Deteksi teks dalam mode Foto (dapat) dinonaktifkan dan diaktifkan dari Setelan."

Fitur lain yang akan dilihat pengguna ChromeOS adalah pemisahan notifikasi yang disematkan dari notifikasi lain, kaca pembesar mengikuti ChromeVox, Kontrol Penguatan Otomatis (AGC) untuk mengoptimalkan volume mikrofon, dan manajemen Nama Titik Akses (APN) yang dipermudah.