NASA Ajak Kreator untuk Hadir di Acara Peluncuran Europa Clipper

JAKARTA – NASA mengizinkan kreator konten untuk hadir dan melihat peluncuran pesawat Europa Clipper secara langsung. Pesawat antariksa ini akan diterbangkan ke luar angkasa pada 10 Oktober mendatang.

Europa Clipper, wahana untuk mengamati bulan Europa, akan lepas landas dari Kompleks Peluncuran 39A di Kennedy Space Center NASA, Florida. Pesawat ini akan diluncurkan menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX.

Seluruh kreator yang ingin menyaksikan peluncuran Europa Clipper harus mendaftarkan diri selama periode yang ditetapkan. Periode pendaftaran telah dibuka pada Selasa, 3 September lalu dan akan ditutup pada 9 September pukul 21.00 WIB.

"Jika Anda gemar berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia daring, maka ini adalah acara yang tepat untuk Anda!" kata NASA melalui situs resminya. "Maksimal 50 pengguna media sosial akan dipilih untuk menghadiri acara ini (selama) dua hari."

Pendaftaran ini terbuka bagi kreator yang aktif di berbagai platform media sosial dan memiliki jangkauan audiens yang besar serta unik. Sepertinya, NASA akan memilih kreator besar yang sangat dikenal dan dihormati oleh masyarakat lokal hingga mancanegara.

"Semua aplikasi sosial akan dipertimbangkan berdasarkan kasus per kasus. Mereka yang terpilih harus membuktikan diri melalui proses pendaftaran bahwa mereka memenuhi kriteria keterlibatan tertentu," jelas NASA.

Kreator dari luar AS diizinkan untuk mendaftarkan diri. Jika kreator dari Indonesia ingin melihat peluncuran Europa Clipper, mereka bisa ikut mendaftarkan diri selama memenuhi syarat dan sanggup mengeluarkan dana untuk perjalanan, akomodasi, makanan, hingga fasilitas lainnya.

"(melakukan) pendaftaran menunjukkan niat Anda untuk bepergian ke Kennedy Space Center milik NASA di Florida dan menghadiri acara dua hari tersebut secara langsung," ujar lembaga antariksa tersebut. "NASA tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi akibat kehadiran."