Apa yang Dibahas dalam Kelas Pranikah? Begini Gambarannya

YOGYAKARTA - Kelas Pranikah adalah bimbingan yang diikuti oleh calon pengantin sebagai bekal untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Bagi calon pengantin yang belum pernah menikah tentu tidak tahu apa yang dibahas dalam kelas pranikah. Sebagai gambaran umum, kelas pranikah berisi pembekalan terkait topik seputar membangun rumah tangga. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Apa yang Dibahas dalam Kelas Pranikah?

Perlu diketahui bahwa kelas pranikah saat diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama lewat Kantor Urusan Agama (KUA) di tiap wilayah. Namun ada pula kelas pranikah yang diselenggarakan oleh pihak swasta.

Sebelum menikah, calon pengantin baik dari mempelai laki-laki maupun perempuan akan mendapatkan pembekalan selama beberapa hari. Dalam pembekalan tersebut masing-masing mempelai akan mendapatkan pengetahuan seputar dunia berumah tangga. Secara umum berikut ini gambarannya.

  1. Kelas Pembekalan

Calon pengantin akan dibagi beberapa kelompok. Namun ada pula kelas yang digelar secara privat, artinya tidak ada peserta lain yang mengikuti pembekalan. Nantinya akan disusun jadwal yang harus diikuti oleh para peserta.

  1. Pemateri

Dalam kelas pranikah akan didatangkan pemateri sesuai materi yang akan dibahas. Pemateri bisa berasal dari berbagai latar belakang keilmuan seperti pemateri agama, psikologi, tenaga finansial, dan masih banyak lagi.

  1. Pelaksanaan Kegiatan

Pihak penyelenggara akan melaksanakan kegiatan pembekalan dengan dua cara, yakni secara online dan offline. Pelaksanaan ini tergantung dengan kebijakan yang berlaku. Di tahap ini peserta akan mendapatkan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya penyelenggara punya kurikulum pranikah tersendiri, namun ada juga yang disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Quis dan Sertifikat

Peserta kelas pranikah akan mendapatkan kuis. Jika dinyatakan lulus peserta akan mendapatkan sertifikat kelas pranikah. Sertifikat dibutuhkan sebagai bagian dari syarat menikah dalam hal administrasi di beberapa daerah.

Selama mengikuti kelas pranikah, ada beberapa hal yang diajarkan kepada para peserta. Beberapa materi yang dibahas secara umum adalah sebagai berikut.

  • Komunikasi Efektif

Peserta akan diajarkan bagaimana cara komunikasi yang efektif dan baik tanpa menyinggung perasaan. Materi ini berguna untuk menyelesaikan konflik rumah tangga.

  • Keuangan Keluarga

Pemateri juga akan mengajarkan bagaimana cara mengelola keuangan dalam sebuah keluarga mencakup perencanaan anggaran, hingga menyusun prioritas anggaran.

  • Peran dan Tanggung Jawab dalam Pernikahan

Tiap mempelai juga akan diajarkan apa saja peran mereka masing-masing dalam rumah tangga, mencakup tanggung jawab dan kewajiban.

  • Pengelolaan Konflik

Dalam berumah tangga pasti ada konflik yang muncul. Mempelai harus tahu bagaimana cara mengelola konflik tersebut demi mencegah perpecahan.

  • Harapan dan Tujuan Pernikahan

Di dalam kelas pranikah akan ada sesi khusus untuk mengemukakan harapan dan tujuan pernikahan dalam jangka panjang.

  • Kesehatan Mental dan Emosional

Kelas juga akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan emosional dalam pernikahan.  Sesi ini penting agar kesehatan mental tetap terjaga.

  • Kesehatan Reproduksi dan Seksual

Materi ini akan memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi dan seksual. Salah satu manfaat sesi ini adalah agar perencanaan kelahiran bisa berjalan sesuai rencana.

Itulah informasi terkait apa yang dibahas dalam kelas pranikah. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.