Jasa Marga Targetkan Tol Solo-Klaten Bisa Beroperasi Bulan Depan

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menargetkan, Tol Solo-Klaten yang merupakan bagian dari Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo bisa beroperasi September mendatang. Saat ini, progres tol tersebut sudah mencapai 97 persen.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan, Tol Solo-Yogyakarta merupakan salah satu dari lima ruas tol Jasa Marga yang dalam proses konstruksi.

Kelima ruas tol tersebut yakni Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Tol Akses Patimban, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo, Tol Yogyakarta-Bawen dan Tol Probolinggo-Besuki.

"Nah Jogja-Solo ini adalah satu dari lima ruas jalan tol yang saat ini sedang dalam proses konstruksi di Jasa Marga," kata dia dalam Public Expose 2024, Rabu, 28 Agustus.

Dia mengatakan, proyek yang tengah dikebut yakni Tol Solo-Klaten yang merupakan bagian dari Tol Solo-Yogyakarta dengan panjang 22,30 kilometer (km).

"Nah, yang insyaallah bisa kami selesaikan untuk tahun ini adalah bagian dari jalan Tol Jogja-Solo yaitu paketnya dari Kartasura atau dari Solo, ya, gerbang Tol Colomadu yang menjadi bagian dari Trans Jawa itu sampai ke Klaten. Jadi, sepanjang 22,3 km," ujarnya.

Agus Setiawan bilang, progres tol tersebut sudah mencapai 97 persen. Dia berharap, tol itu dapat beroperasi pada September 2024 ini.

"Nah di lapangan alhamdulillah untuk seksi ini progresnya sudah 97 persen lebih dan kami sedang mengajukan proses untuk uji layak operasi. Nah, nanti pengoperasian tentu akan mengikuti tahapan-tahapan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian nanti proses pengoperasian tentu saja setelah seluruhnya selesai. Dan mudah-mudahan bisa beroperasi pada akhir September ini," tuturnya.

Adapun Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo membentang sepanjang 96,57 km. Tol ini terdiri dari 3 seksi.

Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 km yang terbagi menjadi Paket 1 Solo-Klaten (22,3 km) dan Paket 2 Klaten-Purwomartani (20,08 km).

Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 km terbagi menjadi 2 paket, yaitu Paket 2.1 Purwomartani- Monjali (9,43 km) dan Paket 2.2 Monjali-Gamping (14 km).

Kemudian Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 km terbagi menjadi Paket 3.1 Gamping-Wates (17,45 km) dan Paket 3.2 Wates-Purworejo (13,32 km).