Suzuki eVX Versi Produksi Bakal Debut Global Awal Tahun Depan, Sasar Pasar Eropa

JAKARTA - Kabar lebih lanjut mengenai nasib dari versi produksi mobil konsep Suzuki eVX telah menemui titik terang. Mobil tersebut akan diperkenalkan secara global awal 2025 mendatang.

Melansir Autocar India, Senin, 26 Agustus, mobil berwujud SUV ini akan debut global dalam gelaran Bharat Mobility Global Expo 2025 pada 17-22 Januari mendatang di New Delhi, India setelah mengalami beberapa kali penundaan.

Mobil listrik pertama dari Suzuki ini akan dirakit di India dan akan diekspor ke berbagai wilayah di seluruh belahan dunia, termasuk Eropa.

“Kami akan secara resmi mengumumkan BEV di Auto Expo di India pada Januari tahun depan, dan kami berharap dapat meluncurkannya pada awal tahun 2025. Kami akan memprioritaskan Eropa terlebih dahulu,” kata Suzuki.

Suzuki eVX akan memprioritaskan pasar Eropa dan Jepang yang kompetitif. Produksinya diperkirakan akan dimulai pada awal tahun ini dan sebagian besar unitnya akan ditujukan untuk ekspor dengan dengan diproduksi sebesar 1.500 unit per tahun.

Mobil ini dikembangkan oleh pabrikan berlogo ‘S’ ini yang memanfaatkan kemitraan dengan Toyota, sehingga SUV ini bakal ada versi dari Toyota beberapa bulan setelah peluncuran eVX.

Beberapa kali mobil ini tertangkap kamera sedang diuji jalan dengan selimut kamuflase. Yang terakhir, mobil ini diketahui sedang melaksanakan uji coba dengan pelek terbaru yang diyakini akan dibawa ke versi produksi.

Mobil SUV ini juga memiliki desain yang khas dengan sepatbor yang menonjol, bemper depan yang kokoh, kap mesin yang terpahat, dan lampu belakang yang lebar. Sementara bagian sampingnya terlihat kokoh dengan tambahan sayap belakang kecil menggantung di atas kaca belakang.

Suzuki eVX akan dibekali dengan sejumlah fitur menarik seperti kursi depan berventilasi, IRVM peredupan otomatis, mode penggerak putar, enam airbag sebagai standar, panel sunroof, sistem kamera 360 derajat, dan ADAS.

Dibangun di atas platform milik Toyota, yakni 27PL, SUV tersebut diperkirakan bakal hadir dengan dua varian baterai dengan 40 kWh dan 60 kWh. Dikabarkan bahwa kendaraan tersebut dapat berjalan hingga 550 km dalam sekali pengisian daya.

Menurut kabar yang beredar, Suzuki eVX juga didukung dengan sistem pengisian daya cepat dan fitur Vehicle-to-Load (V2L) dan ditawarkan dengan motor listrik tunggal dan ganda.