Bagikan:

JAKARTA - Laporan terbaru dari J.D. Power mengungkapkan bahwa beberapa produsen otomotif di Amerika Serikat sukses besar dalam mengintegrasikan teknologi canggih pada kendaraan terbaru mereka.

Melalui studi Tech Experience Index 2024, JD Power mensurvei pemilik mobil baru untuk menilai fitur-fitur teknologi yang konsumen temui, baik yang menimbulkan masalah maupun yang dianggap sangat memuaskan.

Survei ini melibatkan 81.296 pemilik mobil baru yang melakukan pembelian dalam 90 hari terakhir. Selain Tech Experience Index, J.D. Power juga rutin melakukan studi lainnya seperti U.S. Automotive Performance, Execution, and Layout Study (APEAL) dan U.S. Initial Quality Study (IQS

Mengutip dari Autoblog, Senin, 26 Agustus, J.D. Power menilai tantangan yang dihadapi pemilik mobil terhadap fitur teknologi baru menggunakan skala "masalah per 100 kendaraan" (PP100). Berdasarkan hasil ini, para pabrikan otomotif diberi skor dengan total hingga 1.000 poin. Di antara merek premium, Genesis (divisi kendaraan mewah dari Hyundai Motor Group) meraih peringkat pertama, sedangkan Hyundai menempati posisi teratas untuk kategori merek mass-market.

Merek premium lainnya seperti Lexus dan BMW melengkapi tiga besar, sementara di kategori mass-market, Kia dan GMC berada di posisi kedua dan ketiga. 

"Banyak teknologi inovatif yang kini hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, namun studi tahun ini menunjukkan bahwa beberapa teknologi justru dianggap kurang berguna atau bahkan mengganggu," ujar Direktur Teknologi J.D. Power.

Studi ini membagi 40 teknologi otomotif ke dalam empat kategori: kenyamanan, otomatisasi yang sedang berkembang, energi dan keberlanjutan, serta infotainment dan konektivitas. Beberapa kendaraan menunjukkan keunggulan dalam kategori tertentu. Contohnya, Toyota Sequoia mendapatkan penghargaan kenyamanan untuk sistem kamera spion belakangnya yang inovatif.

Genesis GV70 meraih penghargaan dalam kategori otomatisasi yang sedang berkembang berkat sistem peringatan lalu lintas depan, unggul di antara merek premium. 

Sedangkan di segmen mass-market, Kia Carnival juga menerima penghargaan serupa. BMW iX mengukir prestasi di kategori energi dan keberlanjutan untuk sistem pengereman satu pedalnya, sementara BMW X6 dan Hyundai Santa Fe memenangkan penghargaan dalam kategori infotainment dan konektivitas berkat sistem kunci berbasis ponsel mereka.