Shin Tae-yong Pastikan Jordi Amat Tak Main Lawan Arab Saudi karena Masih Pemulihan Cedera

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan bahwa Jordi Amat tak akan bermain saat laga pertama Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Arab Saudi. Jordi Amat absen di laga tandang 5 September 2024 itu karena dalam pemulihan cedera.

Kondisi Jordi Amat yang baru saja mengalami cedera ternyata memerlukan waktu panjang untuk kembali pulih. Situasi ini membuatnya tak dimasukan dalam daftar nama yang akan dipanggil.

Demi memastikan kondisi terkini sang pemain, Shin Tae-yong bahkan telah menelepon pemain Johor Darul Takzim tersebut.

"Persiapan (tim) sangat baik, ya. Namun, hanya Jordi (Amat) saja ada sedikit masalah," ujar Shin Tae-yong ditemui di Jakarta pada Jumat, 23 Agustus 2024.

"Jadi saat pertandingan Liga Malaysia, Jordi dapat cedera dan tidak pulih-pulih. Akhirnya harus istirahat sampai empat minggu ke depan," tutur Shin Tae-yong menjelaskan kondisi sang pemain.

"Saya sudah telepon langsung Jordi dan diputuskan mungkin sepertinya susah kami bawa," ujarnya.

Dengan situasinya saat ini, Jordi Amat menjadi pemain kedua yang dipastikan absen lawan Arab Saudi. Sebelumnya, ada Justin Hubner yang juga tak bisa dimainkan karena akumulasi kartu dari laga sebelumnya.

Terlepas dari kondisi para pemain itu, Shin Tae-yong saat ini memang tengah mempersiapkan skuad terbaik untuk menjalani Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kualifikasi itu dimulai pada awal September 2024. Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain.

Laga perdana akan dimainkan pada 5 September 2024 melawan Arab Saudi. Setelahnya, Tim Merah-Putih menjamu Australia pada 10 September 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menjelang laga itu, para pemain Timnas Indonesia kabarnya diminta berkumpul 31 Agustus 2024 di Jakarta dan terbang ke Arab Saudi pada 1 September 2024.