Bagikan:

JAKARTA - Sesi latihan Timnas Indonesia jelang lawan Arab Saudi di Putaran Ketiga Kualifikasi Dunia 2026 sempat terganggu hujan badai. Kendati situasi itu sempat membuat fokus pemain pecah, Shin Tae-yong memastikan kondisi tim aman.

Sebelumnya diketahui bahwa saat ini Timnas Indonesia sudah berada di Jeddah untuk persiapan melawan Arab Saudi pada Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB. Sesi latihan digelar pada Selasa, 3 September 2024, malam waktu Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City.

Namun, agenda itu sedikit terganggu karena hujan deras disertai salju turun di lokasi yang membuat Ricky Kambuaya dan kawan-kawan disebut tidak bisa sepenuhnya fokus.

"Pemain kondisi baik-baik saja dua hari ini. Namun, latihan hari kedua hujan deras. Ini hal unik di Arab Saudi. Hujannya salju, jadi fokus pemain sedikit kurang baik," ujar Shin Tae-yong dalam keterangannya dikutip pada Rabu, 4 September 2024.

Meski demikian, tim pelatih optimistis performa pemain akan membaik. Masih ada waktu dua hari ke depan untuk memantapkan persiapan sebelum lawan Arab Saudi.

"Yang paling penting performa pemain apakah meningkat atau tidak. Hal itu jadi perhatian utama saat ini," tutur sang pelatih.

Bukan cuma Shin Tae-yong, hujan deras disertai salju yang turun di Arab Saudi juga membuat bek Timnas Indonesia, Justin Hubner, terkejut. Dia tidak menyangka akan menghadapi kondisi cuaca seperti ini di Arab Saudi.

"Kami mengalami badai yang luar biasa selama latihan. Saya tidak tahu di sini bisa turun hujan," ujar Hubner dalam unggahan Instastory.

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, Shin Tae-yong sudah mewanti-wanti faktor nonteknis yakni adaptasi cuaca. Soalnya, hal itu bisa memengaruhi performa Skuad Garuda.

Untuk lawan Arab Saudi, ada 26 pemain yang dipanggil. Sebanyak 14 pemain berasal dari klub luar negeri dan 12 lainnya dari liga domestik.