Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal mengawal tim menjalani laga perdana Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menghadapi Arab Saudi pada Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB, dia menekankan kepada anak asuhnya bahwa lawan tak bisa diremehkan.

Arab Saudi menjadi salah satu negara kuat di Asia. Kekuatan The Green Falcon, kata Shin Tae-yong, bahkan setara dengan Iran sebagai tim terbaik Asia lainnya.

Namun, karakter dan gaya main Arab Saudi agak berbeda. Maka dari itu, sang pelatih meminta timnya untuk tak menyepelekan lawan kali ini.

"Sebenarnya ada dua negara yang terbaik mungkin di Timur Tengah, yaitu Arab Saudi dan Iran. Namun, beda karakter dan beda gaya permainannya. Jadi, tidak bisa dibandingkan juga," ujar Shin Tae-yong dalam keterangannya dikutip Kamis, 5 September 2024.

"Sebenarnya tim mana yang bisa dibandingkan sama Arab Saudi itu sulit. Namun, yang pasti lawan Arab Saudi kami tidak bisa meremehkan juga. Mereka tim terbaik menurut saya," kata sang pelatih.

Dalam pandangan lain, Shin Tae-yong mengatakan Arab Saudi punya dana besar dalam manajemen tim. Hal itu membuat Arab Saudi bisa bersiap dengan kondisi maksimal.

Selain itu, kualitas kompetisi sepak bola Arab Saudi juga lebih baik dari Indonesia. Hal itu membuat kualitas individu pemain bisa berkembang dengan baik dan berdampak ke tim nasional.

"Mereka pun menggunakan bujet yang banyak juga untuk komposisi para pemain," kata sang pelatih.