SUV Tangguh dari BAIC Ini Uji Jalan di Filipina, Ini Spesifikasinya

JAKARTA - Produsen otomotif dari China, BAIC berencana untuk memperlebar sayapnya ke beberapa negara Asia Tenggara salah satunya Filipina.

Ini juga menandai kembalinya merek tersebut ke pasar Filipina melalui distributor United Asia Automotive Group Inc. Meskipun belum mulai menjual kendaraannya, salah satu model bernama BJ30 tertangkap kamera sedang lalu-lalang di jalanan negara tersebut.

Melansir dari Autoindustriya, Jumat, 23 Agustus, SUV berdesain tangguh ini terlihat sedang terparkir dengan lencana merek yang masih ditutupi dan merupakan generasi kedua dari seri ini.

Generasi saat ini telah diperkenalkan dalam gelaran Auto China 2024 yang berlangsung pada April lalu. Di rumah sendiri, BAIC BJ30 hadir sebagai model hybrid pertama milik merek ini. Di Filipina, mobil ini akan mengusung nama B30.

Berbeda dengan model lainnya, BJ30 menggunakan konstruksi unibody dan tersedia dalam versi penggerak dua roda (2WD) menemani tipe all-wheel drive (AWD) serta ICE murni dan hybrid di pasar rumah sendiri.

Pada varian hybrid, konfigurasi 2WD memiliki mesin 1,5 liter turbo ditemani dengan motor listrik yang mendapatkan daya 334 ps dan torsi 550 Nm. Namun, penggerak AWD memiliki performa lebih mengesankan hingga 409 ps dan torsi 685 Nm.

Kedua varian tersebut mengusung transmisi yang dirancang untuk kendaraan hybrid, yakni Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dua percepatan.

Selain menawarkan performa mengesankan, BJ30 juga memiliki sejumlah kenyamanan di bagian kabin seperti layar instrumen digital 10,25 inci dan layar sentuh infotainmen 14.6 inci diletakkan pada dasbor.

Untuk mengakomodir berkendara di segala medan, BAIC memberi BJ30 dengan fitur All-Terrain Control System. Dengan demikian, SUV tersebut cocok untuk para penggiat off-road sejati.

Dengan eksterior yang kokoh ditambah kemampuan AWD mumpuni, model ini merupakan salah satu opsi menarik untuk pasar Indonesia dan menjadi penantang serius Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport.

BAIC menandai debut gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu dengan meresmikan penjualan BJ40 Plus senilai Rp783 juta dan X55 II senilai Rp487 juta. Semuanya termasuk harga On The Road DKI Jakarta.