Bagikan:

JAKARTA - Diperkenalkan tengah tahun 2023, Lexus GX generasi terbaru kini resmi hadir di wilayah Asia Tenggara dengan Filipina menjadi yang pertama menyambut SUV tangguh tersebut.

Melansir Top Gear Philippines, Rabu, 15 Mei, model generasi ketiga ini hadir dalam dua varian untuk pasar Filipina, terdiri dari Overtrail dan Premier. Semuanya hadir dalam seri kode 550 atau GX 550.

Nilai yang ditawarkan oleh brand mewah tersebut sudah termasuk biaya pengiriman yang ditanggung oleh pelanggan. Dengan demikian, model ini akan meneruskan warisan keluarga GX yang telah ada sejak 2002 lalu.

GX terbaru memiliki desain yang mengotak dan tangguh dengan penggabungan SUV body-on-frame. Desain depan GX diberi sentuhan berani dengan grill yang lebih kecil dan lampu LED depan yang tajam. Bukaan grill juga sedikit dinaikkan untuk menghindari benturan.

5

Didasari oleh platform GA-F yang juga digunakan pada LX 600, bagian samping GX memiliki desain kaku dengan aliran horizontal. Disebutkan arsitektur ini memiliki kemampuan maksimal dalam melintasi jalan off-road dan on-road dengan suspensi baru. Demi memaksimalkan kemampuan berjalan di segala medan, pabrikan membekalinya dengan pelek 18 inci dan ban 265/70R18 33 inci.

2

Saudara dari Toyota Land Cruiser 250 ini juga dibekali sejumlah fitur keselamatan canggih dari Lexus Safety System + 3.0 terdiri dari Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection, All-speed Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), Emergency Driving Stop System (EDSS), Lane Departure Alert with Steering Assist (LDA w/SA), Road Sign Assist (RSA), dan Proactive Driving Assist (PDA).

Untuk dapur pacunya, SUV ini memiliki mesin 3,4 liter V6 twin-turbocharged yang menawarkan daya 349 dk dan torsi 649 Nm didukung transmisi otomatis sepuluh percepatan.

Meskipun memiliki sejumlah kemampuan yang canggih dan tangguh, pelanggan yang berminat sepertinya harus menunggu untuk mendapatkan unitnya. Dikabarkan sekitar 50-60 pelanggan telah mengantre untuk mendapatkan mobil tersebut dan kemungkinan akan bertambah.

Terkait harganya, Lexus GX 550 di Filipina dibanderol dengan harga mulai dari 7,578 juta peso hingga 8,578 juta (setara Rp2,1 miliaran sampai Rp2,3 miliaran). SUV ini akan dirakit di pabrik Tahara, Jepang.