Kendaraan Listriknya Gunakan Nama Turbo, Ini Penjelasan Porsche

JAKARTA - Porsche telah membuat gebrakan dalam sektor elektrifikasi dengan meluncurkan Taycan sebagai kendaraan listrik (EV) pertamanya beberapa tahun lalu. Namun, hal aneh ialah model ini juga hadir dengan varian dan penamaan ‘Turbo’.

Tentu hal ini mengejutkan mengingat sedan tersebut ditenagai oleh listrik dan penamaan ‘Turbo’ berkaitan dengan performa mobil bermesin pembakaran internal.

Tidak hanya pada Taycan, merek asal Jerman ini mengadopsi penamaan tersebut pada mobil listrik berikutnya yakni Macan yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Namun, Porsche memiliki pembelaan mengenai hal ini.

Porsche Macan Turbo

Juru bicara Porsche Taycan dan Panamera Mayk Wienkotter, mengatakan bahwa penamaan tersebut lebih merujuk pada mobil performa tinggi ketimbang menggambarkan mobil ICE bertenaga.

“Penamaan ini hanya memberi publik penentuan posisi, apakah 4S atau Turbo tertulis di bagian belakang,” kata Wienkotter dikutip dari Drive, Kamis, 22 Agustus.

Ia juga menambahkan bahwa Porsche tetap akan menggunakan penamaan ‘Turbo’ pada kendaraan listrik di masa depan.

“Saya tidak melihat kita akan menyingkirkan papan nama ini dalam waktu dekat,” tambah Wienkotter.

Kini, Porsche memiliki tiga varian tertinggi pada model Taycan menggunakan penamaan tersebut, yakni Turbo, Turbo S, dan Turbo GT.

Varian Turbo GT merupakan tipe terbaru sekaligus paling bertenaga dalam jajaran Taycan. Porsche mengklaim mobil ini merupakan salah satu bertenaga yang pernah diproduksi oleh merek dari Jerman ini.

Mobil ini ditenagai oleh motor listrik berdaya hingga 815 kW atau 1.092 dk dan torsi puncak 1.340 Nm. Dengan demikian, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km.jam dalam 2,3 detik saja dengan kecepatan tertinggi 306 km/jam.

Sementara itu, Porsche juga merilis Macan generasi terbaru dan tersedia hanya berpenggerak listrik untuk pertama kalinya.

Macan juga dihadirkan dalam varian Turbo dan memiliki motor listrik bertenaga hingga 639 ps dan torsi 1.130 Nm yang sanggup membuatnya berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 260 km/jam.