Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan mobil sport terkemuka seperti Porsche selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan menghadirkan kendaraan berperforma tinggi untuk memuaskan pelanggan dan pecinta otomotif. Upaya ini tidak hanya terfokus pada model mesin pembakaran internal (ICE), tetapi juga diterapkan pada mobil listrik.

Porsche baru-baru ini mengumumkan peningkatan performa pada Taycan Turbo S, dengan menjalani pengujian independen. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model tersebut mampu mencapai kecepatan tertinggi atau bahkan lebih cepat satu detik dari sebelumnya.

Dilansir Carscoops, Rabu, 13 Desember, uji coba tersebut mengungkapkan peningkatan akselerasi pada Taycan Turbo S, dengan kecepatan tertinggi mencapai 241 km/jam dan mampu menempuh jarak 400 meter dalam waktu 10,3 detik pada kecepatan 212 km/jam.

Meskipun performa akselerasi meningkat, catatan waktu untuk mencapai 0-96 km/jam tetap tidak lebih cepat. Hal ini menandakan adanya mekanisme mendasar yang bertanggung jawab atas peningkatan kinerja, dikenal sebagai 'overboost' atau kemampuan untuk memberikan daya ekstra melalui motor listrik untuk jangka waktu singkat.

Porsche telah mengenali potensi overboost sejak peluncuran Taycan, tetapi juga memahami risiko penggunaan berkelanjutan yang dapat merusak motor listrik. Sebagai langkah pencegahan, pabrikan Jerman ini membatasi fungsi overboost agar hanya aktif selama tiga detik setiap kali digunakan.

Melalui pengamatan terhadap cara pemilik Taycan memanfaatkan kendaraan dan bagaimana motor mengendalikan penggunaan jangka panjang, Porsche merasa yakin akan daya tahan motor listriknya. Sebagai hasilnya, fungsi overboost diperluas dari tiga detik awal menjadi 10 detik, menjelaskan mengapa Taycan Turbo S mencapai akselerasi yang lebih cepat dalam setiap pencapaian kecuali pada 96 km/jam, di mana mobil tersebut sudah menyelesaikannya dalam waktu kurang dari tiga detik.