TAM Recall Toyota bZ4X dan Sejumlah Lexus di Indonesia karena Masalah Kamera

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) adakan program recall yang melibatkan model bZ4X dan beberapa model Lexus RX, NX, LS, dan ES keluaran produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia ini menghimbau seluruh pemilik kendaraan yang terdampak untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi terdekat terkait pemeriksaan dan penggantian Front View Camera dan Rear View Camera.

Vice President PT TAM Henry Tanoto, mengatakan bahwa bila dibutuhkan penggantian komponen maka pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

“Workshop Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan Front View Camera dan Rear View Camera di kendaraan pelanggan dan selanjutnya melakukan penggantian kalau dibutuhkan dengan parts baru tanpa ada biaya apapun,” kata Tanoto dalam keterangan yang diterima, Rabu, 21 Agustus.

Fitur Front View Camera dan Rear View Camera digunakan untuk menangkap dan menampilkan gambar pada area depan dan belakang kendaraan.

Lexus RX

Perusahaan menyebut sistem ini mengalami pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier pada saat perakitan, sehingga berpotensi membuat wadah kamera terlepas apabila terkena tekanan eksternal dari waktu ke waktu yang menyebabkan air bocor ke kamera.

Jika ini dibiarkan, sirkuit di dalam kamera dapat mengalami korsleting yang menyebabkan ketidakmampuan menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

Proses pemeriksaan dibutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika diperlukan penggantian komponen, maka diperlukan waktu sekitar 1,5 jam hingga 4 jam tergantung pada model kendaraannya.

Pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan booking terlebih dahulu mengenai jadwal pemeriksaan sehingga tidak perlu menunggu antrean terlalu lama.

Pemilik kendaraan dapat mengakses informasi recall ini melalui https://www.toyota.astra.co.id/ssc atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam dengan menghubungi 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315. Khusus Lexus, silakan menghubungi Lexus Customer Care 24 jam 021-390-9999 atau 0821-8090-0900.