Ada Potensi Masalah ECU, TAM Lakukan Program Recall pada Toyota Land Cruiser dan Lexus LX600 di Indonesia
Lexus LX600. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali mengadakan recall yang melibatkan model SUV berukuran besar, Land Cruiser 300 produksi Juli 2021 – Januari 2024 dan Lexus LX600 rakitan Januari 2022 – Januari 2024.

Pabrikan memulai program recall pada kedua model ini karena pihak teknisi akan memeriksa dan memprogram ulang Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi mengendalikan kinerja transmisi otomatis sepuluh percepatan.

“Kami menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed kedua Premium Luxury SUV tersebut, sehingga wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala safety,” kata Vice President Director PT TAM Henry Tanoto dalam keterangan yang diterima media, Jumat, 22 Maret.

5
Toyota Land Cruiser 300

Diketahui ada kemungkinan masalah pada cakram kopling di dalam transmisi kendaraan bersangkutan. Pihak perusahaan menyebut ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakramnya tidak segera terlepas dari pelat sehingga memungkinkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

Jika ini terjadi dalam kondisi jalanan mendatar atau ketika pengemudi tidak menggunakan rem parkir, kedua SUV ini dapat berjalan secara tidak terduga dengan kecepatan rendah dalam 6 km/jam dan berpotensi mengancam keselamatan pemilik mobil.

Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan program ulang bagian ECU pada unit Land Cruiser 300 dan LX600 dalam upaya mengatasi masalah tersebut.

Pemilik kendaraan diimbau untuk melakukan booking service terlebih dahulu. Kemudian, kedua mobil ini dibawa ke bengkel dan para teknisi akan melakukan pemeriksaan dan bila perlu memprogram ulang dengan estimasi sekitar 30 menit. Seluruh program pemeriksaan ini tidak dipungut biaya apa pun.

“Kami meminta pelanggan agar mengecek mobilnya apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk reprogramming ECU transmisi tanpa ada biaya apapun,” pungkas Tanoto.

Kasus recall ini sama dengan apa yang terjadi di AS pada akhir Februari lalu dengan melibatkan 280.663 unit truk pikap dan SUV berbadan besar Toyota, terdiri dari Tundra dan Tundra Hybrid. Selain itu, mobil Lexus seperti LX600 juga terlibat penarikan kembali ini.