Belum Jual Motor Listrik Harley Davidson di Indonesia, Ini Jawaban JLM Auto

JAKARTA - Sejumlah perusahaan kendaraan roda dua saat ini berlomba-lomba menghadirkan motor listrik demi menekan emisi bumi. Harley-Davidson juga melakukan inisiatif ini dengan meluncurkan LiveWire sebagai kendaraan listrik pertamanya.

Motor ini telah diproduksi sejak 2019 lalu yang ditenagai oleh baterai listrik sebagai inti dari energi kendaraan tersebut. Kemudian, LiveWire kini menjadi divisi milik Harley-Davidson dalam mengembangkan kendaraan listrik.

Kini, sub-brand tersebut telah memperkenalkan sejumlah model terdiri dari S2 Del Mar, S2 Mulholland, dan LiveWire One. 

Lalu, bagaimana peluang motor-motor listrik ini masuk ke pasar Indonesia?

Sales & Marketing Director JLM Auto Irvino Edwardly, mengatakan bahwa saat ini model tersebut belum direncanakan untuk masuk ke pasar Asia.

“Memang belum hadir untuk pasar Asia ya. Untuk saat ini, Harley-Davidson berfokus pada core business,” kata Edwardly di Jakarta, belum lama ini.

Meskipun demikian, ia menambahkan pihaknya menunjukkan ketertarikannya untuk mendatangkan model elektrifikasi ini agar konsumen memiliki banyak pilihan dalam memilih kendaraan Harley-Davidson.

“Kedepannya apabila harus dihadirkan, kami menyambut baik hal tersebut,” tambah Irvino.

Meskipun ditenagai oleh listrik, sejumlah motor tersebut memiliki bahasa desain yang tidak berbeda jauh dari motor Harley-Davidson lainnya.

LiveWire S2 Del Mar miliki baterai berukuran 10,5 kWh yang sanggup memberikan jangkauan hingga 113 mil atau 181 km dalam kondisi jalanan perkotaan. Usung sistem charging, motor ini memiliki kemampuan mengisi daya dari 20 ke 80 persen dalam 78 menit menggunakan perangkat charging level 2.

LiveWire S2 Mulholland

Sementara itu, LiveWire S2 Mulholland memiliki kapasitas baterai yang sama seperti Del Mar namun miliki jangkauan 121 mil atau 194 km dan dapat mengisi daya dari 20 ke 80 persen dalam 78 menit menggunakan charging level 2.

Model lainnya yaitu LiveWire One memiliki baterai lebih besar 15,4 kWh dan dapat berjalan hingga jangkauan 146 mil atau 234 km dalam kondisi jalan perkotaan. Dengan demikian, motor ini dapat mengisi daya dari 0 ke 80 persen dalam waktu 40 menit dengan DC fast charging.

Berbicara harga, model S2 Del Mar dijual senilai 15.499 dolar AS (Rp239,5 juta), kemudian S2 Mulholland seharga 15.999 dolar AS (Rp247,2 juta), dan One dibanderol 22.799 dolar AS (Rp352,4 juta).