Begini Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai di Perangkat Apple Apapun

JAKARTA - Battery lifespan adalah lamanya waktu baterai Anda bertahan hingga perlu diganti. Anda bisa memaksimalkan masa pakai baterai Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Apple apapun yang Anda miliki. 

Di halaman bantuan Apple, perusahaan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang umur baterai perangkat Apple Anda, di antaranya adalah:

Hindari suhu ekstrem

Perangkat Apple dirancang untuk bekerja dengan baik dalam berbagai suhu sekitar 16° hingga 22° C sebagai zona kenyamanan yang ideal. Sangat penting untuk menghindari paparan suhu sekitar yang lebih tinggi dari 35° C, yang dapat merusak kapasitas baterai secara permanen.

Lepas casing selama pengisian daya

Mengisi daya perangkat saat berada di dalam casing tertentu dapat menghasilkan panas berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai. Jika Anda menyadari perangkat menjadi panas saat diisi dayanya, keluarkan perangkat dari casing terlebih dahulu.

Simpan perangkat dalam keadaan baterai setengah terisi

Jika Anda ingin menyimpan perangkat Anda dalam jangka waktu yang lama, dua faktor utama akan memengaruhi kesehatan baterai secara keseluruhan: suhu lingkungan dan persentase daya baterai saat dimatikan untuk penyimpanan.

Jadi, jangan mengisi penuh atau mengosongkan daya baterai perangkat Anda sepenuhnya — isi daya hingga sekitar 50 persen saja. 

Selain itu, matikan perangkat untuk menghindari penggunaan baterai tambahan. Jangan lupa untuk meletakkan perangkat Anda di lingkungan yang sejuk dan bebas lembab dengan suhu kurang dari 32° C. 

Terakhir, jika Anda berencana menyimpan perangkat Anda selama lebih dari enam bulan, isi daya hingga 50 persen setiap enam bulan sekali.