Massa Pro Palestina Berunjuk Rasa Jelang Konvensi Partai Demokrat

JAKARTA - Puluhan ribu pengunjuk rasa pro-Palestina diperkirakan berkumpul di luar arena Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada hari pembukaannya.

Demonstrasi akan berlangsung di taman di luar arena konvensi beberapa jam sebelum Presiden AS Joe Biden berpidato di pertemuan di mana delegasi Partai Demokrat akan meresmikan pencalonan Wakil Presiden AS Kamala Harris sebagai calon presiden.

Penyelenggara demonstrasi akan terus bernegosiasi dengan pihak berwenang pada Senin, 19 Agustus, mengenai perluasan rute pawai sehingga semua pengunjuk rasa dapat memiliki kesempatan untuk berjalan kaki, kata Hatem Abudayyeh, juru bicara pendemo.

Abudayyeh memperkirakan akan ada puluhan ribu pengunjuk rasa pada jam 1 siang. Kelompok ini memiliki pola pengamanan sendiri.

“Itu satu-satunya tanggung jawab mereka. Kami tidak membutuhkan mereka untuk menjaga keamanan kami. Kami tidak membutuhkan mereka untuk melindungi kami, hanya saja untuk tidak melanggar hak-hak kami," kata Abudayyeh dilansir Reuters.

Protes besar lainnya dijadwalkan pada Kamis, ketika Harris menerima pencalonan tersebut.

Pendukung pro-Palestina selama berbulan-bulan memprotes dukungan militer dan keuangan pemerintahan Biden untuk Israel selama perang melawan Hamas, yang menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina di Gaza, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Israel melancarkan serangan setelah diserang pada 7 Oktober oleh militan Hamas yang menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel.