Google Tambahkan Animasi Bersinar di Sekitar Panel Overlay Gemini

JAKARTA – Google menambahkan pembaruan kecil untuk aplikasi Gemini di perangkat Android. Pembaruan ini menambahkan efek yang immersive saat Gemini dipanggil atau diaktifkan dan panel overlay muncul di layar.

Berdasarkan temuan 9to5google, versi terbaru Gemini akan menampilkan animasi bercahaya di sekitar panel. Animasi ini mulai diluncurkan pada 17 Agustus lalu dan sedang diperluas secara bertahap ke seluruh perangkat Android.

Selain menambahkan animasi di sekitar panel, Google juga memperbarui tampilan respons dari panel tersebut. Sebelumnya, ketika pengguna memasukkan perintah, panel akan langsung menampilkan user interface (UI) Gemini dalam mode layar penuh.

Sekarang, panel respons Gemini tidak akan ditampilkan dalam layar penuh. Pengguna masih bisa melihat latar belakang dari Gemini sehingga panelnya masih terlihat mengambang. Meski tampilannya diubah, Google tetap menambahkan dukungan layar penuh.

Untuk mengubah tampilan ke UI layar penuh, pengguna bisa mengeklik ikon di sudut kanan atas layar. Selain itu, pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan video YouTube, baik itu meringkas atau pertanyaan lanjutan.

Kemampuan baru ini bisa digunakan saat pengguna membuka aplikasi YouTube dan memutar video apa pun. Saat mengaktifkan panel Gemini, pengguna akan melihat tombol kecil yang bertuliskan, "Tanyakan Tentang Video Ini."

Saat tombolnya diketuk, Gemini akan langsung menjelaskan isi dari video atau apa yang sedang dibicarakan oleh YouTuber di video tersebut. Panel Gemini akan tetap mengambang dengan ukuran yang lebih kecil sehingga tampilan YouTube masih terlihat di layar belakang.