Shin Tae-yong Akan Panggil 26 Nama ke Timnas Indonesia, Termasuk 14 Pemain Abroad Tanpa Elkan Baggot

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal memanggil 26 pemain untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada pemanggilan itu, ada 14 pemain yang berkarier di luar negeri atau abroad.

Namun, pada agenda yang bakal berlangsung awal September 2024, tak terlihat nama Elkan Baggott dalam daftar.

Memang, belum ada kabar resmi soal nama pemain yang masuk daftar panggil. Hanya saja, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, memberikan kisi-kisi bahwa Shin Tae-yong akan memanggil sebanyak 26 pemain ke Skuad Garuda.

Sebanyak 12 pemain diambil dari liga domestik dan sisanya 14 pemain merupakan abroad.

"Ada 12 pemain liga domestik, sisanya 14 pemain adalah yang bermain di luar negeri," kata Smardji dalam keterangan dikutip pada Senin, 19 Agustus 2024.

Dari 12 nama pemain yang dipanggil dari liga domestik, satu yang sudah dipastikan ialah Dimas Drajad. Hal itu diketahui dari pengumuman yang dibagikan klubnya, Persib Bandung, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga telah memastikan satu nama yang tak akan dipanggil ke Timnas Indonesia. Nama tersebut adalah Elkan Baggott.

Hal itu dikatakan secara langsung oleh Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Agustus 2024. Meski begitu, juru taktik asal Korea Selatan itu tidak membeberkan secara jelas alasan tidak memanggil Elkan Baggott.

Ketika ditanya awak media perihal pemanggilan bek Blackpool FC tersebut, Shin Tae-yong hanya menggelengkan kepalanya.

"Tidak," kata Shin Tae-yong saat itu.

Keputusan tak memanggil Baggott ke Skuad Garuda bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, pada dua laga terakhir Putaran Kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Elkan juga tak disertakan sang pelatih.

Baggott sendiri mulai tak dipanggil Shin setelah playoff Olimpiade 2024. Pasalnya, kala itu Baggott dikabarkan tak menghadiri panggilan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 meski sudah libur kompetisi.