Prediksi IHSG Awal Pekan dan Rekomendasi Saham Berpotensi Cuan

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHS) diprediksi bergerak melemah, pada perdagangan hari ini, Senin 19 Agustus. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bergerak pada rentang resistance 7.450, pivot 7.400, support 7.350.

Phintraco Sekuritas mengatakan, indeks-indeks Wall Street menguat di Jumat 16 Agustus. Bersamaan dengan penguatan tersebut Wall Street mencatatkan penguatan minggu terbaik sejak November 2023.

"Penguatan tersebut ditopang oleh perbaikan sejumlah data ekonomi terbaru yang meredam kekhawatiran resesi di Amerika Serikat (AS)," tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menyebut, Penjualan ritel di AS tumbuh 2,7 persen yoy di Juli 2024 dari 2 persen yoy di Juni 2024. Kondisi tersebut diikuti kenaikan Michigan Consumer Sentiment Prel. ke 67.8 di Agustus 2024 dari 66.4 di Juli 2024.

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG hari ini menguji strong resistance 7.450. Akan tetapi, waspadai potensi pullback mengingat kondisi Stochastic RSI yang telah memasuki overbought area.

"Perhatikan pivot 7.400 dan support 7.350 di pekan ini," tambah Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas mengatakan, pasar mengantisipasi FOMC Minutes yang dijadwalkan pada Kamis 22 Agustus sebagai acuan pasar terhadap arah kebijakan moneter The Fed ke depannya setelah rilis data-data ekonomi terbaru Amerika akhir-akhir ini.

Selain itu, lanjut Phintraco Sekuritas, U.S. Core Inflation Rate bulan Juli 2024 di zona Euro dijadwalkan rilis Selasa 20 Agustus yang diperkirakan stabil di level 2,9 persen YoY. Kondisi ini dikhawatirkan berpengaruh terhadap arah kebijakan moneter ECB.

"Dari dalam negeri, fokus pasar tertuju pada hasil Rapat Dewan Gubernur BI di Rabu 21 Agustus. Terdapat spekulasi pemangkasan suku bunga acuan," jelas Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan enam saham untuk perdagangan hari ini, yakni TLKM, BRIS, EMTK, MNCN, BRMS, dan INDY.