Apple Buka Chip NFC iPhone untuk Aplikasi Pihak Ketiga dengan iOS 18.1

JAKARTA- Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan membuka chip NFC iPhone dengan menggunakan Secure Element untuk memungkinkan pembayaran nirkontak oleh aplikasi pihak ketiga, terpisah dari Apple Pay dan Apple Wallet. Fitur ini akan diperkenalkan dalam pembaruan mendatang iOS 18.1 dan akan tersedia di Australia, Brasil, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

Perubahan ini dilakukan setelah Apple mengumumkan akan membuka chip NFC untuk aplikasi pihak ketiga di Uni Eropa sesuai dengan Digital Markets Act.

Dalam siaran pers yang diumumkan hari ini, Apple menjelaskan bahwa chip NFC dapat digunakan untuk berbagai hal seperti pembayaran, kunci mobil, kartu identitas mahasiswa, kunci hotel, dan banyak lagi. Perubahan ini akan mulai diterapkan dengan iOS 18.1 untuk para pengembang:

"Mulai iOS 18.1, pengembang akan dapat menawarkan transaksi nirkontak NFC menggunakan Secure Element dari dalam aplikasi mereka sendiri di iPhone, terpisah dari Apple Pay dan Apple Wallet. Dengan menggunakan API NFC dan SE (Secure Element) yang baru, pengembang akan dapat menawarkan transaksi nirkontak dalam aplikasi untuk pembayaran di toko, kunci mobil, transit tertutup, lencana perusahaan, kartu identitas mahasiswa, kunci rumah, kunci hotel, kartu loyalitas dan hadiah pedagang, serta tiket acara, dengan dukungan untuk ID pemerintah di masa mendatang."

Apple juga mengatakan bahwa pengguna akan dapat menetapkan aplikasi pihak ketiga sebagai aplikasi default untuk pembayaran nirkontak melalui aplikasi Pengaturan di iPhone mereka.

Apple menambahkan: "Untuk mengintegrasikan solusi baru ini ke dalam aplikasi iPhone mereka, pengembang perlu melakukan perjanjian komersial dengan Apple, meminta hak NFC dan SE, dan membayar biaya yang terkait." Saat ini, Apple belum mempublikasikan detail tentang struktur biaya tersebut.

Apple telah mempublikasikan lebih banyak detail tentang rencananya di situs web pengembangnya, dengan instruksi tentang bagaimana pengembang dapat menghubungi Apple untuk menyatakan minat dalam penawaran ini