Penjualan Suzuki Melesat, Baleno dan Model Hybrid Jadi Primadona di Juli 2024

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus memperkuat posisinya di pasar otomotif dengan mencatatkan peningkatan penjualan retail sebesar 9 persen pada Juli 2024. Data menunjukkan bahwa baik kategori mobil penumpang maupun mobil komersial mengalami kenaikan, masing-masing sebesar 8 persen dan 11 persen dibandingkan bulan Juni 2024.

Yang paling menarik, peningkatan tertinggi dicapai oleh Baleno, disusul oleh New XL7 dan model lainnya. Kepala Departemen Penjualan 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko, mengungkapkan bahwa tren positif ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

"Di pertengahan tahun seperti ini, aktivitas dan mobilitas perkotaan seperti bekerja, menjalankan usaha, atau mengantar anak sekolah semakin meningkat. Kami melihat bahwa Baleno menjadi pilihan yang tepat bagi kalangan aktif ini, dengan nilai yang tinggi namun tetap terjangkau. Di sisi lain, masyarakat urban semakin tertarik pada model hybrid, yang terbukti dari kontribusi sebesar 43 persen dari total penjualan mobil penumpang Suzuki pada Juli 2024," kata Randy dalam keterangan resminya, Jumat, 16 Agustus.

Secara spesifik, hatchback bermesin 1.500cc, Baleno, mencatatkan peningkatan penjualan retail sebesar 40 persen, mendominasi segmennya. Pelanggan merasa bahwa Baleno memberikan nilai yang lebih dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Sementara itu, New XL7 mencatatkan kenaikan sebesar 20 persen, dengan mayoritas penjualan (65 persen) berasal dari varian hybrid.

Tak hanya Baleno dan New XL7, model lain seperti Grand Vitara dan S-Presso juga menunjukkan peningkatan penjualan yang positif, masing-masing sebesar 14 persen dan 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Di sisi lain, penjualan mobil hybrid Suzuki meningkat sebesar 18 persen, dengan pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid yang mencatatkan kenaikan 32 persen, serta Grand Vitara sebesar 14 persen. Kepercayaan pelanggan terhadap teknologi rendah emisi semakin kuat, didukung oleh garansi baterai lithium-ion selama 8 tahun.

Pada kategori kendaraan komersial, New Carry tetap menjadi andalan bagi para pelaku usaha di Indonesia. Penjualan 'Rajanya Pick-Up' ini tumbuh sebesar 11 persen, didorong oleh meningkatnya aktivitas bisnis yang membutuhkan kendaraan niaga ringan yang tangguh dan memiliki biaya perawatan yang terjangkau. Dengan dukungan hampir 300 jaringan outlet dan lebih dari 200 Bengkel Resmi hingga ke pelosok, pemilik kendaraan operasional dapat merasa tenang di mana pun dan kapan pun.

"Kami menemukan banyak alasan mengapa pelanggan memilih Suzuki, namun alasan utama saat ini adalah pentingnya memiliki mobil yang efisien dan berkualitas untuk digunakan sehari-hari," tutup Randy.