Ipswich vs Liverpool: Tim Promosi Coba Kejutkan Arne Slot

JAKARTA - Ipswich Town yang berstatus tim promosi langsung bertemu Liverpool, raksasa Premier League Inggris, di laga pertama di Stadion Portman Road, Sabtu, 17 Agustus 2024 malam WIB. Berharap membuat kejutan atau justru kembali menjadi ladang pembantaian The Reds di bawah manajer anyar Arne Slot?

Ipswich sudah lama tak berkompetisi di kasta tertinggi setelah terdegradasi pada 2002. Mereka lebih banyak berkutat di Divisi Championship atau liga di bawah Premier League dan bahkan pernah nyaris turun ke kasta ketiga. 

Namun mimpi kembali ke Liga Premier akhirnya kesampaian saat The Tractor Boys finis di peringkat dua di bawah juara Championship Leicester City. Mereka pun promosi tanpa syarat alias tak perlu melewati babak play-offs.

Hanya fans sepak bola di Indonesia tak bisa menyaksikan aksi bek Ipswich Elkan Baggot berlaga di Premier League. Pasalnya bek timnas Indonesia lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Musim ini, Baggot dipinjamkan ke Blackpool, klub League One atau Divisi Tiga di Inggris sehingga belum bisa memperkuat Ipswich. Sebelumnya, pemain berusia 21 ini bermain di Bristol Rovers.

Ipswich sendiri berharap tak sekadar melintas begitu saja di Premier League. Saat terakhir kali bermain di kasta tertinggi pada 2002, mereka memang babak-belur menghadap tim-tim elite.

Saat itu, dalam pertemuan dengan Liverpool di liga, Ipswich dihajar 6-0 dan 5-0. Tak hanya itu, Ipswich juga menelan kekalahan terbesar 9-0 saat menghadapi Manchester United yang sedang gila-gilaan.

Kini, Ipswich berharap membuat kejutan di laga perdana. Apalagi, tim bermain di kandang sendiri. Mereka juga tetap ditangani Kieran McKenna yang kian populer setelah membawa Ipswich promosi. Bahkan McKenna sempat disebut-sebut bakal menangani MU dan Chelsea. Termasuk menggantikan Gareth Southgate menjadi manajer timnas Inggris.

Namun semua rumor itu lenyap setelah dirinya menandatangani kontrak anyar dengan Ipswich. McKenna pun mendapat modal bagus untuk bertarung di Liga Premier setelah klub mendatangkan tidak kurang sembilan pemain.

Beberapa di antara mereka bakal menjadi starter saat menghadapi Liverpool seperti Arijanet Muric, Liam Delap, Jacob Greaves dan anak muda Omari Hutchinson, eks Arsenal, yang direkrut dari Chelsea. Sebelumnya, Hutchinson dipinjam Ipswich yang kemudian dipermanenkan.

Sementara laga tersebut menjadi ujian perdana Arne Slot. Menggantikan Jurgen Klopp yang mengundurkan diri setelah sembilan tahun menangani The Pool, Slot bakal melakoni debut yang tak mudah.

Bagaimana tidak, sebagian pemain pilar seperti Mohamed Salah, Trent Alexander-Arnold dan kapten Virgil Van Dijk belum sepenuhnya fokus di kompetisi. Kontrak mereka akan berakhir tahun depan dan belum ada kepastian apakah bakal menerima perpanjangan atau justru malah dijual.

Meski demikian, Van Dijk tetap optimistis Liverpool mampu melewati ujian pertama. Bek tengah timnas Belanda ini juga menyambut kompatriotnya yang eks pelatih Feyenoord ini.

"Sejauh ini memang sudah cukup baik. Latihan dan tur pramusim di Amerika Serikat berjalan sangat baik," kata Van Dijk menanggapi kinerja Slot.

"Penampilan tim sudah cukup baik dan menjanjikan. Namun tim masih harus berkembang. Apalagi kami tetap butuh perbaikan," ucapnya.

Liverpool sendiri belum melakukan pembelian pemain. Dengan mengandalkan skuat lama, maka Slot tetap menempatkan kiper Alisson Becker di bawah mistar. Dirinya dibentengi Van Dijk yang berduet dengan Jarell Quansah. Sedangkan Alexander-Arnold dan Andrew Robertson akan bermain sebagai full back.

Di tengah yang menjadi kekuatan The Reds akan bertumpu kepada Dominic Szoboszlai, Ryan Gravenberch dan Alexis Mac Allister. Sedangkan Diogo Jota akan bermain di depan bersama Salah dan Luis Diaz.

Prakiraan Susunan Pemain

Ipswich Town (3-4-3): Muric; Tuanzebe, Edmundson, Greaves; Johnson, Luongo, Morsy, Davis; Hutchinson, Delap, Harness

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Quansah, Van Dijk, Robertson; Szoboszlai, Gravenberch, Mac Allister; Salah, Jota, Diaz