Pasukan Israel dan Militan Hamas Bentrok di Tepi Barat

JAKARTA - Militer Israel melakukan serangan udara terhadap militan Palestina di Tepi Barat yang diduduki. Sementara Hamas mengatakan pejuangnya terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan Israel di kota Tubas di wilayah tersebut.

Kantor berita resmi Palestina WAFA melaporkan satu orang tewas dalam serangan di Tubas, sementara empat lainnya tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel di kota terdekat, Tammun.

Pihaknya tidak menyebutkan identitas mereka, namun warga Tubas mengatakan pria yang dibunuh di sana adalah anggota kelompok Islam Hamas.

"Sebagai bagian dari aktivitas kontraterorisme, pesawat menyerang sejumlah teroris bersenjata di Tammun,” kata militer Israel dilansir Reuters, Rabu, 14 Agustus.

Namun pihaknya tidak menyebutkan jumlah korban.

Sementara Brigade Al-Qassam – sayap bersenjata Hamas – mengatakan militannya terlibat bentrokan sengit dengan pasukan pendudukan di kota Tubas, Tepi Barat selama berjam-jam.

Wartawan Reuters di lokasi penggerebekan di Tubas melihat rumah rusak parah, kaca pecah dan noda darah di tanah.

Seorang pemuda mengatakan keluarganya sedang tidur di rumah mereka ketika pasukan khusus Israel menyerbu masuk dan memanggil ayahnya.

“Ayah saya membangunkan kami dan dia membawa senjatanya dan terjadi baku tembak,” katanya.

“Kemudian mereka memintanya untuk menyerah tetapi ayah saya mengatakan dia tidak akan menyerah dan dia lebih memilih menjadi syahid atau melarikan diri. Ibu saya dan kami mulai memintanya untuk menyerah tetapi dia menolak,” imbuhnya.