Google Luncurkan Pixel Buds Pro 2, Earbuds Pertama dengan Dukungan Gemini

JAKARTA – Selain meluncurkan jajaran ponsel terbaru, Google juga merilis earbuds terbaru, yaitu Pixel Buds Pro 2. Earbuds ini merupakan perangkat audio pertama dari Google Pixel yang menggunakan chipset Tensor A1.

Berkat Tensor A1, Pixel Buds Pro 2 memiliki pemrosesan audio dengan latensi yang sangat rendah dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Peredam Kebisingan Aktif (ANC) di perangkat baru ini dua kali lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Pixel Buds Pro 2 juga memiliki pemrosesan multipath Tensor A1 yang dapat membuat musik terdengar lebih menarik. Chipset ini menyediakan jalur khusus untuk musik dan membuatnya lebih independen sehingga suara yang dihasilkan lebih akurat dan detail.

"Tensor A1 memungkinkan kami meningkatkan masa pakai baterai, meskipun desainnya lebih kecil dan ringan. Saat ANC diaktifkan, Anda memperoleh masa pakai baterai hingga 8 jam pada Buds dan 30 jam dengan casing," kata Google dalam keterangannya.

Bagian paling menarik dari earbuds ini adalah dukungan Gemini. Google mengatakan bahwa Pixel Buds Pro 2 dirancang secara khusus untuk era Gemini sehingga perangkat ini tidak hanya fokus pada pemutaran musik, tetapi juga pada panggilan telepon.

Gemini membuat earbuds terbaru ini memiliki asisten virtual berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Google juga menghadirkan Gemini Live untuk membuat obrolan terasa lebih alami. Untuk menghidupkan Gemini Live, pengguna hanya perlu membuka ponsel dan berbicara dengan Gemini.

"Perangkat ini juga menyediakan asisten AI virtual tanpa perlu menyentuh tangan dan mata saat Anda membutuhkannya," ungkap Google. "Gemini dapat melakukan semua itu dan banyak lagi, bahkan saat ponsel terkunci dan berada di saku."

Pixel Buds resmi membuka periode pre-order pada 13 Agustus dengan harga 229 dolar AS (Rp3,5 juta), jauh lebih mahal dari Pixel Buds Pro asli yang dibanderol dengan harga Rp2,9 juta. Sayangnya, seluruh perangkat Pixel buatan Google tidak masuk Indonesia.