Hyundai Luncurkan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik, 5 Menit Bisa Ngacir 100 Kilometer

JAKARTA - Hyundai Motor Group secara resmi mengumumkan peluncuran bisnis stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dengan merek E-pit, Selasa 23 Maret.

Dalam keterangannya, Hyundai berencana untuk menyiapkan 20 staisun pengisian daya kendaraan listrik E-pit, yang mampu melakukan pengisian daya ultra-cepat tahun ini. 

Hyundai menyebut, inovasi ini terinspirasi dari pitstop dalam balap Formula One, yang melibatkan jeda singkat untuk pengisian bahan bakar, perbaikan dan penggantian ban. 

"Di stasiun E-pit, pemilik EV Hyundai Motor Group dengan kemampuan pengisian daya 800 volt dapat mengisi daya kendaraan mereka hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. Dengan mengisi daya kendaraan mereka hanya selama lima menit, mereka juga dapat berkendara sekitar 100 kilometer," tulis Hyundai dalam keterangannya, melansir Koreatimes

Dari dua puluh stasiun pengisian daya kendaraan listrik yang akan dibangun, terbagi dalam dua jenis. Sebanyak 12 stasiun pengisian dengan total 72 pengisi daya, akan didirikan di 12 perhentian jalan raya pada April mendatang. Sementara, delapan staisun dengan total 48 pengisi daya akan dipasang di pusat-pusat kota di seluruh Korea Selatan. 

Untuk meningkatkan kenyamanan, sistem pembayarannya dilakukan secara non tunai, melalui layanan digital lewat aplikasi di telepon seluler, tanpa proses konfirmasi yang rumit. 

Diketahui, kebutuhan akan stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik yang cukup, menjadi kebutuhan mendesak di Korea Selatan. Di mana, lebih dari 60 persen pemilik berumah tangga dan tinggal di unit apartemen.