Pertama dalam 96 Tahun, Bayi Gorila Lahir di Kebun Binatang Detroit

JAKARTA - Bayi gorila lahir di Kebun Binatang Detroit, Amerika Serikat. Kelahiran gorila ini adalah yang pertama dalam 96 tahun sejarah kebun binatang tersebut.

“Bandia mengalami kehamilan yang sangat lancar, hal ini sangat penting bagi seorang induk yang baru pertama kali melahirkan,” kata Tami Brightrall, kurator mamalia di kebun binatang tersebut dilansir ABC News, Jumat, 9 Agustus.

Bayi gorila tersebut belum memiliki nama dan jenis kelaminnya belum ditentukan.

Kini ada empat gorila lain di kebun binatang tersebut, termasuk Bandia dan ayahnya Mshindi, yang semuanya tiba setahun yang lalu.

Staf bekerja selama berbulan-bulan untuk mempersiapkan kelahiran ini, bahkan membawa boneka gorila di sekitar habitat untuk menunjukkan cara menggendong bayi tersebut,

“Tim kami juga mengajari gorila cara menyentuh boneka binatang itu dengan lembut, mengambilnya dari tanah, dan membawanya ke anggota tim di dekat pembatas jaring,” kata Brightrall.

Publik tidak akan langsung melihat gorila tersebut.

“Area tersebut akan dibuka kembali setelah tim perawatan hewan menentukan ibu dan bayinya memiliki cukup waktu untuk menjalin ikatan dan merasa nyaman di habitat mereka,” kata Melissa Thueme, pengawas mamalia.