Kelahiran Surya Jadi Kado Istimewa 65 Tahun Hubungan Indonesia-Polandia
Kelahiran Sumatera di Kebun Binatang Wroclaw, Polandia (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kelahiran Surya, anak harimau Sumatera di Kebun Binatang Wroclaw, Polandia menjadi kado istimewa ulang tahun ke-65 hubungan diplomasi Indonesia-Polandia. Selain itu, nama Indonesia pun semakin populer.

“Kehadiran Surya di Kebun Binatang Wroclaw diharapkan dapat semakin menerangi atau menambah popularitas kebun binatang yang tertua dan terluas dimiliki Polandia”, ujar Dubes RI untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah dalam sambutan pemberian nama kepada anak harimau Sumatera, dalam acara yang di adakan di Kebun Binatang Wroclaw, Kamis, waktu setempat.

Ia menjelaskan, pemilihan nama Surya kepada anak harimau Sumatera yang lahir pada bulan Mei lalu dinilai tepat karena makna dari kata surya itu sendiri, yakni matahari yang sifatnya selalu menerangi.

Dubes Nining - demikian ia dikenal - mengatakan, secara waktu, kelahiran bayi harimau Sumatera 2020 bertepatan dengan pelaksanaan perayaan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Polandia, sehingga menambah momentum kemeriahan kegiatan yang dilakukan kedua negara.

Melansir Antara, Sabtu, Kepala Fungsi Ekonomi KBRI Warsawa Taufiq Lamsuhur di London, Jumat mengatakan upacara pemberian nama kepada bayi harimau Sumatera diadakan pengelola Kebun Binatang dengan mengundang Dubes Nining, Walikota Wroclaw dan wartawan dalam resepsi sederhana di salah satu satu sisi kebun binatang, di depan kandang tempat bermain harimau.

Kepala Kebun Binatang Wroclaw, Radoslaw Ratajszczak mengatakan secara sekilas keberadaan Kebun Binatang Wroclaw dan arti penting koleksi harimau Sumatera bagi lembaga konservasinya karena menambah daftar keberhasilan program breeding satwa-satwa langka dilakukan lembaga yang dipimpinnya.

Sementara itu, Walikota Wroclaw Jacek Sutryk mengatakan pentingkan hubungan bilateral kedua negara dapat diisi dengan kerja sama konkret yang menyentuh kepentingan publik.

Hal ini dicontohkan keberadaan harimau Sumatera dari Indonesia dan ditangkarkan di Polandia.

Surya adalah bayi dari pasangan harimau Sumatera, sang ibu Nuri (7) dan sang pejantan adalah Tengah (11), lahir 23 Mei lalu di Kebun Binatang Wroclaw. Kelahiran anak dari sepasang harimau Sumatera ini adalah fenomena unik dan bersejarah karena merupakan kelahiran anak harimau Sumatera di kebun binatang dalam delapan tahun terakhir.

Lomba pencarian nama yang tepat untuk si harimau kecil ini diumumkan pengelola Kebun Binatang Wroclaw awal Juli lalu di media sosial yang dimiliki kebun binatang.

Kriteria nama yang diusulkan harus memiliki nuansa Indonesia dan Polandia. Hingga batas waktu 2 Agustus lalu masuk sekitar 1.000-an usulan nama dari pemerhati binatang dan dari nama-nama yang masuk tersebut mengerucut menjadi empat nama favorit yaitu Surya, Saya, Nugah dan Stella.