VW Buka Pemesanan ID.3 GTX di Eropa, Harganya Sentuh Rp800 Jutaan Termasuk Insentif

JAKARTA - Volkswagen telah memperkenalkan ID.3 GTX sebagai salah satu kendaraan listrik berperforma tinggi pada Maret lalu. Kini, pabrikan dari Jerman ini membuka masa pemesanan untuk hatchback sporty tersebut.

Dilansir dari laman resmi merek, Jumat, 9 Agustus, mobil ini tersedia dengan harga mulai dari 52.295 euro atau setara Rp908,6 jutaan. Dengan diterapkannya skema insentif di Jerman dikurangi 3.570 euro (Rp62 jutaan) menjadi 48.075 euro (Rp835,3 jutaan).

ID.3 GTX baru menampilkan desain eksterior yang unik, termasuk ciri khas lampu depan dan belakang, detail desain sporty di interior, serta performa penggerak yang bertenaga. Ini adalah model paling sporty dari keluarga ID yang sepenuhnya listrik.

Model ini adalah terobosan pertama Volkswagen dalam segmen hot hatch serba listrik yang dibekali dengan penggerak roda belakang (RWD) yang impresif.

“Dengan penyaluran tenaganya yang spontan dan superior, ID.3 GTX Performance baru bagi saya adalah tandingan listrik dari ikon mobil kompak sporty kami, Golf GTI Clubsport,” kata Member of the Volkswagen Brand Board of Management Development Volkswagen AG Kai Grunitz.

Ada dua opsi tenaga yang tersedia; model standar menghasilkan 286 hp, mempercepat dari 0-100 km/jam dalam 6 detik. Sedangkan varian Performance, dengan teknologi motor yang sama tetapi ditingkatkan hingga 326 hp, memperpendek waktu menjadi 5,6 detik. Keduanya dilengkapi torsi sama hingga 545 Nm.

Pabrikan memberi model ini dengan paket baterai 79 kWh lithium-ion untuk mendukung performa buasnya. Ini dapat membuat mobil berjalan hingga sejauh 601 km menurut perhitungan WLTP. Baterai tersebut kompatibel dengan pengisi daya 185 kW DC fast-charging yang dapat mengisi dari 10 ke 80 persen dalam 26 menit.

ID.3 GTX dan ID.3 GTX Performance memiliki sejumlah sentuhan sporty, mulai dari bumper depan khusus varian ini dilengkapi air intake baru dengan bentuk lampu yang khas.

Hathcback ini memiliki pelek Skagen GTX 20 inci yang tersedia dalam warna hitam sebagai opsional. Tidak hanya menarik pada sisi luar dan performa, bagian dalamnya juga memiliki sejumlah elemen yang mengagumkan.

Untuk ID.3 GTX Performance hadir dengan perangkat lunak dan sistem infotainmen generasi terbaru dengan layar 12,9 inci yang memiliki asisten suara IDA lengkap dengan ChatGPT dan konsep pengoperasian lebih intuitif.

Varian ini juga dilengkapi sistem bantuan pengemudi dan keselamatan, seperti Adaptive Cruise Control yang ditingkatkan, Automous Emergency Braking, Lane Keeping System, Dynamic Road Sign Display, dan lainnya.