Volkswagen ID.7 Mulai Produksi: Sedan Listrik dengan Fitur Canggih
Volkswagen ID.7. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah diperkenalkan pada bulan April lalu, Volkswagen (VW) ID.7 secara resmi telah memulai masa produksinya di pabrik Emden, Jerman. Sedan listrik ini akan berbagi tempat perakitan dengan ID.4.

Proses produksi dimulai secara simbolis, dan VW telah menerima beberapa pemesanan di Jerman. Kemungkinan pengiriman pertama akan dilakukan pada musim gugur.

Selain di Jerman, VW ID.7 juga akan memasuki pasar Amerika Utara pada tahun 2024. Sedan ini akan dijual di pasar China dan diproduksi secara lokal di pabrik patungan antara FAW-Volkswagen dan SAIC Volkswagen, seperti yang dilaporkan oleh InsideEV pada Senin, 21 Agustus.

VW ID.7 adalah salah satu model terbaru dalam jajaran kendaraan listrik murni pabrikan, yang dikenal sebagai "ID." dan menjadi salah satu produk unggulan.

Mobil sedan bertenaga listrik ini memiliki dimensi yang cukup luas, dengan panjang 4.961 mm, lebar 1.862 mm, dan wheelbase 2.966 mm.

Di dalamnya, ID.7 dilengkapi dengan teknologi head-up augmented reality yang menyederhanakan kluster instrumen dengan menampilkan informasi penting seperti kecepatan berkendara dan peringatan lainnya. Teknologi ini juga memberikan informasi tentang jalur jalan, jarak, dan batas kecepatan. Pengemudi dapat mengatur informasi yang ingin ditampilkan di HUD melalui pengendalian pada setir.

Sistem infotainment berlayar 15 inci juga terpasang di tengah dasbor. Layar sentuh ini digunakan untuk mengatur suhu dalam kabin dan volume audio kendaraan.

VW juga memasang teknologi canggih lainnya di ID.7, termasuk sistem pendingin udara yang dapat diatur melalui perintah suara, sehingga suhu dalam kabin dapat disesuaikan sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, VW ID.7 menawarkan fitur-fitur canggih lainnya, seperti kursi depan yang dapat diatur dalam 14 arah, sistem climatronic, pemijatan dengan penambahan dua bantalan di bagian panggul dan tulang belakang, serta sunroof panoramic.

VW menawarkan dua varian dari model ID.7, yaitu Pro dan Pro S, keduanya dengan daya sebesar 282 dk. Namun, keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda.

Varian Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 82 kWh, mampu menempuh jarak hingga 615 km menurut kisaran WLTP. Ini didukung oleh pengisian daya DC 170 kW.

Sementara itu, varian Pro S dilengkapi dengan baterai berkapasitas 91 kWh, yang dapat menghasilkan jarak tempuh hingga 700 km dengan pengisian daya cepat DC sebesar 200 kW.

Meskipun awalnya hanya tersedia dengan penggerak roda belakang, ada kemungkinan bahwa VW ID.7 akan diproduksi dalam versi penggerak semua roda yang dikenal sebagai "GTX" di Eropa.

Harga untuk saudara kandung VW Passat ini diperkirakan sekitar 55.000 euro atau sekitar Rp920,1 juta. VW ID.7 diharapkan akan menjadi pesaing dari Mercedes-Benz EQE Sedan.