Microsoft Uji Coba Tampilan Baru Copilot di Edge untuk Android

JAKARTA - Microsoft, setelah meninggalkan Internet Explorer pada Juni 2022, kini fokus pada pengembangan Edge sebagai penerus yang lebih baik. Edge, yang berbasis Chromium dan memiliki fitur yang dapat dicoba pengguna, kini menghadirkan perubahan menarik di versi Android-nya.

Salah satu fitur utama Edge adalah Copilot, alat AI buatan Microsoft, yang saat ini menjadi pusat perhatian dalam uji coba baru. Di Edge untuk Android, bilah alamat dan alat terkait terletak di bagian bawah halaman, dengan pintasan Copilot berada di tengah. Biasanya, mengetuk alat ini akan membuka panel di dalam browser, namun Microsoft kini menguji coba membuka Copilot dalam tab terpisah, sebagaimana dibagikan oleh @Leopeva64 di X.

Perubahan ini hanya tersedia di Edge Canary saat ini. Pengguna dapat mencoba fitur ini dengan mengaktifkan pembaruan Copilot melalui edge://flags.

Meskipun perubahan ini tergolong kecil, dampaknya bagi 5,25 persen pengguna Edge—yang angkanya lebih kecil di Android dan bahkan lebih kecil lagi di Canary—dapat memberikan fleksibilitas lebih saat menjelajahi web. Selain itu, perubahan ini memungkinkan multitasking yang lebih mudah antara tab informasi dan tab Copilot.

Saat ini, antarmuka baru Copilot ini belum tersedia di Edge versi stabil untuk Android, dan belum ada kepastian kapan fitur ini akan diluncurkan. Pengguna iOS belum dapat mencoba antarmuka baru ini, karena tidak adanya Edge Canary di iOS yang memungkinkan mereka untuk mencoba fitur-fitur eksperimental.