Apple Merilis macOS 14.6.1 dengan Perbaikan Bug Perlindungan Data Lanjutan

JAKARTA - Apple telah merilis pembaruan untuk macOS 14.6. Versi terbaru dari macOS Sonoma kini adalah 14.6.1. macOS Sonoma 14.6 sebelumnya menyertakan fitur untuk menjalankan beberapa layar dari MacBook Pro M3 dengan tutup tertutup. 9to5Mac pertama kali melaporkan bahwa fitur ini akan hadir di MacBook Pro dari tahun 2023 setelah diperkenalkan pada MacBook Air M3.

Pembaruan macOS Sonoma sebelumnya juga membawa "perbaikan bug penting dan pembaruan keamanan," menurut Apple.

Untuk pembaruan macOS 14.6.1, Apple telah mengatasi masalah terbaru pada iCloud yang memengaruhi sejumlah kecil pengguna yang tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Perlindungan Data Lanjutan (ADP) dengan sukses. Pembaruan ini menangani dan menyelesaikan masalah tersebut. Sebelumnya, pengguna yang mencoba mengaktifkan ADP dan gagal menerima pesan kesalahan yang jelas dan melihat tampilan antarmuka pengguna yang akurat menunjukkan bahwa ADP tidak diaktifkan.

Di sisi lain, pengguna yang mencoba menonaktifkan ADP tetapi mengalami kegagalan melihat UI menunjukkan ADP sebagai dinonaktifkan, sementara tetap aktif pada data iCloud mereka. Dengan pembaruan ini, pengguna sekarang akan menerima notifikasi yang mengarahkan mereka ke Pengaturan, di mana mereka harus mengonfirmasi keputusan mereka untuk mematikan ADP. Meskipun ada masalah, pengguna yang terkena dampak akhirnya mendapatkan tingkat keamanan yang sama atau lebih tinggi dari yang mereka harapkan.

Selain macOS Sonoma, Apple juga menjalankan beta publik dan pengembang dari macOS Sequoia 15 yang akan datang, yang diharapkan dirilis pada bulan September atau Oktober. Apple juga menguji versi beta pengembang macOS 15.1, yang membawa fitur Apple Intelligence ke Sequoia. Tidak ada versi beta publik yang tersedia sejauh ini.

Bersamaan dengan macOS Sonoma 14.6.1, Apple juga telah merilis iOS 17.6.1 dan iPadOS 17.6.1 untuk iPhone dan iPad.