Pasangan Sering Cemburu? 3 Solusi Penting Ini Bisa Dilakukan untuk Redam Emosinya

JAKARTA - Anda mungkin pernah merasa iri dengan kesuksesan karir pasangan atau cemburu karena mereka menggoda orang lain. 

"Rasa cemburu dan iri hati adalah bagian normal dari setiap hubungan sampai taraf tertentu," kata terapis seks Kaylee Friedman, M.A., LPC. 

Meskipun sejumlah kecemburuan atau rasa iri hati dapat dianggap sehat, jika dibiarkan tersembunyi atau tidak dikenali. Keadaan dapat berubah menjadi buruk dan menimbulkan masalah besar.

Mampu mengatasi kecemburuan dan rasa iri hati, serta perasaan rumit lainnya yang muncul dalam diri merupakan kunci keberhasilan hubungan. Mengetahui cara mengenali perasaan ini juga penting, dan memungkinkan Anda mengatasinya secara langsung.

Baca terus untuk mempelajari bagaimana cara mengatasinya kecemburuan maupun iri hati pada pasangan, dikutip VOI dari Very Well Mind, Rabu, 7 Agustus.

Refleksi Diri

Hal pertama yang ingin Anda lakukan jika pasangan cemburu atau iri adalah melakukan refleksi diri untuk memastikan Anda tidak memperburuk situasi. Hal-hal yang dapat memperburuk situasi termasuk jika Anda berusaha menggoda orang lain untuk memancing respons cemburu pada pasangan. Atau jika Anda menyombongkan diri tentang prestasi kerja  saat Anda tahu pasangan merasa rendah diri tentang posisi mereka sendiri dalam karir.

Tetapkan waktu khusus untuk berbicara

Setelah memahami dengan jelas bagaimana tindakan Anda sendiri telah memengaruhi sifat iri atau cemburu dari perilaku pasangan, Friedman menyarankan agar Anda "mulai dengan membuat janji untuk berbicara sehingga pasangan tidak merasa diserang atau dikejutkan."

Setelah Anda melakukannya dan siap memulai diskusi, hindari bertanya langsung kepada pasangan apakah mereka cemburu kepada Anda, karena hal itu dapat membuat mereka merasa diserang. Sebaliknya, dia menyarankan agar Anda "berbagi apa yang Anda perhatikan, bagaimana perasaan Anda, dan meminta pasangan melakukan hal yang sama."

Percakapan merupakan langkah baik meredakan lonjakan perasaan. Friedman menyarankan belajar melakukan dialog terbuka dan penuh rasa ingin tahu dengan pasangan. Tentang apa yang ada di balik kecemburuan atau rasa iri mereka mengarah pada pemahaman lebih dalam dan kesempatan mendukung pasangan saat mereka bertanggung jawab dan memproses perasaan mereka sendiri. Selain membantu mengatasi kecemburuan dan rasa iri, komunikasi terbuka dalam hubungan mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pertimbangkan terapi pasangan

Tentu saja, Anda mungkin tidak dapat mengatasi semua ini sendirian. Friedman merekomendasikan terapi atau pembinaan pasangan bagi siapa saja yang mengalami kesulitan dalam mengomunikasikan perasaan mereka secara terbuka dan tenang.

Meskipun langkah-langkah ini idealnya akan membantu memperbaiki hubungan, tidak semua orang terbuka untuk berdiskusi tentang perilaku mereka. Anda tidak perlu meremehkan pencapaian sendiri atau menghadapi perilaku yang mengendalikan.

Friedman menyarankan bahwa jika komunikasi terbuka tidak memungkinkan, tetapkan batasan tegas dan jelas dengan pasangan. Beritahu mereka bahwa Anda tidak akan terlibat dalam percakapan yang melibatkan menyalahkan, mengkritik, atau mencoba mengendalikan.

Untuk menjaga diri tetap tenang, dia menyarankan Anda menawarkan dukungan pada pasangan saat mereka siap merenungkan perasaan mereka yang lebih dalam, tetapi jangan terlibat saat percakapan terasa tidak produktif atau tidak stabil.