Pembaruan macOS Sequioa: Aplikasi Perekam Layar Akan Minta Izin Akses Setiap Minggu

JAKARTA – Beberapa aplikasi yang ada di Mac membutuhkan izin akses ke alat perekaman layar. Setelah pengguna memberikan izin, aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk merekam layar karena sudah ada akses.

Namun, metode pengajuan akses ini akan mengalami perubahan. Setelah macOS Sequioa diluncurkan, seluruh aplikasi yang memiliki fitur perekam layar akan mengajukan izin setiap minggunya atau setiap kali pengguna menyalakan ulang Mac.

Perubahan sistem ini sudah terlihat di macOS Sequioa versi beta. Saat pengguna membuka aplikasi tangkapan layar atau perekaman layar pihak ketiga, pengguna akan melihat pesan peringatan dari Apple.

“(Nama aplikasi) dapat mengakses layar dan audio komputer ini. Apakah Anda ingin terus mengizinkan akses? Aplikasi ini mungkin dapat mengumpulkan informasi dari aplikasi apa pun yang terbuka di desktop," tulis Apple, dikutip dari 9to5mac.

Di bawah pesan peringatan, Apple akan menyertakan dua opsi yang bisa diklik, yaitu Terus Izinkan atau Buka Pengaturan Sistem. Dengan membuka opsi kedua, panel preferensi untuk izin perekaman layar akan terbuka dan pengguna bisa mengatur menu di dalamnya.

Perubahan ini akan terlihat di beberapa aplikasi terkenal seperti Discord, Zoom, dan Slack. Ketiga aplikasi ini bisa melakukan panggilan video dan pengguna dapat merekamnya. Selain itu, perubahan sistem izin akses ini akan terlihat di seluruh aplikasi dengan ScreenCaptureKit.

Dalam pembaruan macOS Sequioa, Apple tidak hanya menampilkan izin akses setiap minggu untuk aplikasi perekaman. Perusahaan itu juga meningkatkan keamanan Mac dengan mempersulit aplikasi yang tidak ditandatangani atau disahkan dengan benar.