Bagikan:

JAKARTA – macOS dan Windows sama-sama memiliki fitur yang canggih dan berguna bagi para pemakainya. Meski begitu, masing-masing sistem operasi (OS) memiliki fitur eksklusif yang tidak ada di OS lainnya.

Seperti OS untuk Mac misalnya. Di versi terbaru, yaitu macOS Sequioa, Apple menghadirkan banyak fitur baru yang membuat perangkatnya jauh lebih unik dan canggih. Ada beberapa fitur di macOS Sequioa yang tidak dimiliki Windows 11 saat ini.

Beberapa kemampuan ini membuat macOS Sequioa terlihat lebih unggul dibandingkan komputer dengan sistem Windows. Jika Anda penasaran apa saja fiturnya, berikut ini beberapa fitur eksklusif yang hanya ada di macOS Sequioa, dilansir dari Makeuseof.

Pencarian Foto dengan Bahasa Alami

Fitur yang mungkin membuat pengguna Windows iri adalah pencarian foto dengan bahasa alami. Tidak seperti aplikasi foto buatan Apple, aplikasi foto bawaan di Windows sangat tertinggal.

Di Mac, pengguna bisa mencari foto dengan bahasa sederhana jika lupa dengan tanggal penyimpanan file. Jika pengguna ingin mencari foto saat liburan, mereka bisa mengetikkan 'foto dari musim panas sebelumnya' di bilah pencarian aplikasi.

Penyelesaian Soal Matematika di Notes

Di Windows, pengguna memiliki aplikasi catatan bernama Notepad, sedangkan di Mac aplikasi catatannya bernama Notes. Keduanya bisa melakukan pencatatan dengan baik, tetapi Notes satu langkah lebih maju berkat fitur penghitungan otomatis.

Melalui pembaruan macOS Sequioa, Notes telah terintegrasi dengan kalkulator. Ketika pengguna harus mencatat pengeluaran bulanan, mereka tidak perlu membuka kalkulator untuk menghitung karena Notes akan langsung menjumlahkan operasi aritmatika yang diketik.

iPhone Mirroring

Fitur lainnya yang membuat macOS terlihat lebih unggul adalah kemampuan mengintegrasikan ponsel yang jauh lebih mudah. Di Windows, pengguna bisa menggunakan Phone Link, tetapi fiturnya belum seinstan iPhone Mirroring.

Tak hanya metode integrasinya yang berbeda, tampilannya juga berbeda. iPhone Mirroring bisa menampilkan layar iPhone tanpa jeda di Mac sehingga penggunanya bisa mengakses seluruh aplikasi dengan mudah. Pengguna bisa membalas pesan ataupun membuka aplikasi hiburan.