Pengguna iPhone Bisa Rekam Video Sambil Putar Audio di iOS 18

JAKARTA – Apple akan meluncurkan banyak perubahan di iOS 18, salah satunya terlihat di fitur perekaman video. Saat sistem operasi terbaru ini dirilis, pengguna bisa merekam sambil mendengarkan lagu.

Hampir seluruh ponsel, termasuk Samsung dan Pixel, akan menghentikan pemutaran audio saat penggunanya membuka kamera. Keterbatasan ini akan menghasilkan rekaman video yang baik dan stabil karena pengguna hanya fokus pada apa yang mereka rekam.

Sebenarnya, pengguna iPhone bisa memutar lagu dan merekam video di saat yang bersamaan dengan trik khusus. Dengan menekan shutter button dalam waktu yang lama, perekaman video tidak akan mengganggu atau mematikan lagu yang sedang diputar.

Namun, trik ini membuat video yang dihasilkan kurang bagus, baik dalam bentuk resolusi maupun suaranya. Masalah ini tidak akan terjadi lagi setelah Apple meluncurkan iOS 18 pada musim gugur tahun ini.

Melalui pembaruan iOS 18, iPhone yang kompatibel bisa merekam video tanpa menghentikan pemutaran audio apa pun. Pengguna tetap bisa mendengarkan lagu, podcast, atau audio lainnya. Fitur baru ini akan berfungsi saat AirPods tersambung atau tidak tersambung.

Dengan adanya dukungan pemutaran audio di iOS 18, kualitas video yang direkam tidak akan mengalami perubahan besar. Video akan tetap stabil seperti yang diinginkan pengguna. Suara dari audio yang diputar juga tidak akan bocor ke dalam video.

Meski fitur ini cukup berguna, beberapa pengguna iPhone mungkin tidak akan menyukai fitur ini. Audio yang tetap aktif mungkin membuat mereka kehilangan fokus. Satu-satunya cara untuk menghilangkan gangguan audio adalah dengan mematikannya sebelum merekam video.