Turbokidz Hadirkan Lima Lagu Personal dalam EP Transition

JAKARTA - Ican Pane alias Turbokidz meluncurkan extended play (EP) baru dengan tajuk “Transition”. Album mini ini berisikan lima track yang dihasilkan berkat kerja sama dengan label rekaman demajors.

“Perfection” yang sebenarnya sudah dirilis lebih dulu sebagai single, menjadi track pertama untuk EP ini. Lagu ini berkisah tentang rasa yang membuat seseorang kembali menjadi diri sendiri.

“Imagination” yang terinspirasi dari khayalan menjalin kasih dengan seorang selebriti yang dikagumi menjadi track kedua. Kemudian, ada “Jovial” yang menjadi focus track EP, berisi pesan penyemangat untuk terus bangkit.

Selanjutnya, “Ambition” yang mengisahkan keinginan untuk terus mencintai orang terkasih menjadi track keempat, dan “Required” yang mengekspresikan rasa tenang saat bersama dengan kekasih hingga terasa seperti pulang ke rumah, menjadi track pent up.

“Transition adalah karya yang cukup personal. Saya merasa saat ini merupakan fase yang lebih baik dalam menjalani kehidupan dan juga berkarier di musik. Pengalaman hidup yang saya lalui setahun belakangan ditumpahkan ke dalam EP ini,” kata Ican Pane dalam keterangannya, Senin, 5 Agustus.

Album mini “Transition” diinspirasi dari musik era 1990an dan 2000an, yang didominasi oleh lagu-lagu bertempo sedang. Kali ini, Turbokidz lebih berfokus pada irama yang dikendarai oleh drum dan bas, yang kemudian dibalut dengan synthesizer, trompet, serta vokal yang telah disesuaikan.

“EP ini menggambarkan sebuah proses perubahan untuk menjadi sesuatu yang lebih baik, termasuk dalam berkarya. Transition adalah tentang penemuan dan penerimaan. Untuk menemukan cinta yang benar-benar baru dan menerima diri sendiri, terlepas dari belenggu pahit masa lalu,” lanjut Ican.

Dalam proses pengerjaan EP baru, Ican dibantu beberapa rekan, seperti Iqbal Firdaus Putra dari Texpack yang mengisi drum pada lagu “Perfection”, “Imagination”, “Jovial”, dan “Ambition”; Aul Daytona dari Pijar yang mengisi drum di lagu “Required”; Dovi Martindas yang turut mengisi trompet pada lagu “Imagination” dan “Jovial”; serta Ivan Wirawan dari Happiest Lokal untuk mengisi bass.

Sesi rekaman dilakukan di berbagai tempat, seperti Emic/etic Studio, Bens and Co Studio, dan Great Wave Studio. Sementara proses mixing dan mastering dilakukan secara mandiri oleh Ican Pane, kecuali pada lagu “Perfection” yang dibantu oleh Radhi Nurhani.