Panjat Tebing Olimpiade 2024: Desak dan Sallsabillah Lolos ke Perempat Final

JAKARTA – Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah, lolos ke babak perempat final nomor speed putri Olimpiade Paris 2024.

Desak lolos dengan catatan waktu 6,385 detik. Dia memperpanjang langkahnya usai mengalahkan wakil Amerika Serikat, Piper Kelly, pada Senin, 5 Agustus 2024, malam WIB.

Sementara itu, Sallsabillah mengikuti rekannya tersebut dengan catatan waktu 6,58 detik. Dia sebenarnya kalah melawan wakil Spanyol, Leslie Adriana Romero Perez.

Akan tetapi, Sallsabillah berhak lolos ke babak perempat final karena catatan waktunya masih terbaik dibanding jajaran atlet-atlet yang kalah di babak eliminasi.

Dari delapan atlet yang lolos ke babak perempat final, catatan waktu terbaik dimiliki oleh Aleksandra Miroslaw. Atlet asal Polandia itu mengukir waktu 6,06 detik.

Mengekor di urutan kedua adalah wakil Amerika Serikat, Emma Hunt, dengan catatan waktu 6,36 detik. Lalu, Desak menyusul di urutan ketiga.

Berturut-turut setelah itu ialah rekan senegara Miroslaw, Aleksandra Kalucka (6,389 detik), Zhou Yafei dari China (6,389 detik), Deng Lijuan asal China (6,40 detik), Leslie (6,89 detik), dan diikuti Sallsabillah.

Pada babak perempat final nanti, Desak akan bersua lawan berat Deng Lijuan. Sementara Sallsabillah bertemu Emma Hunt. Keduanya akan bertarung pada Rabu, 7 Agustus 2024.