Bagikan:

JAKARTA - Dua atlet panjat tebing putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah, memang berhasil ke perempat final nomor speed Olimpiade Paris 2024.

Namun, pertandingan mereka harus dilalui dengan drama saat memulai dari babak penyisihan, Senin, 5 Agustus 2024.

Desak memulai laga menghadapi atlet tuan rumah Perancis, C. Viglione, pada lane A. Sejatinya, dia menjadi yang tercepat dalam laga tersebut.

Namun, Desak kendala teknis di tombol finis membuat perolehannya tidak tercatat. Alhasil, laga babak penyisihan itu sempat terhenti.

Lalu, panitia memutuskan mengulang pertandingan tersebut. Hebatnya, saat duel ulang, Desak tetap tampil terbaik.

Dia mencatatkan waktu tercepat dengan perolehan waktu 6,52 detik. Pada laga kedua melawan atlet yang sama saat memulai di lane B, Desak mencatakan waktu terbaiknya menjadi 6,45 detik.

Catatan waktu terbaiknya itu membuat lolos ke fase eliminasi dengan waktu kelima terbaik dari 14 atlet.

Pada fase eliminasi, Desak semakin menunjukkan kegigihannya. Ia berhasil mempertajam waktu dengan catatan 6,38 detik melawan Piper Kelly dari Amerika Serikat. Dengan hasil tersebut, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil lolos ke babak perempat final.

Sementara itu, Rajiah Salsabillah memulai laga babak penyisihan melawan atlet Amerika Serikat, Emma Hunt. Ia mencatatkan waktu 6,67 detik di lane A dan 6,58 detik di lane B.

Catatan terbaik 6,58 detik itu membuatnya lolos ke fase elimininasi dengan peringkat catatan waktu ketujuh terbaik.

Pada fase eliminasi, Rajiah terjatuh saat melawan Leslie Adriana Romero Perez dari Spanyol. Sempat cemas tidak lolos ke perempat final, dia ternyata tetap dinyatakan lolos ke perempat final.

Satu slot itu berhasil diamankan Rajiah Salsabillah karena dia punya catatan waktu terbaik di babak penyisihan (seeding heats) meski kalah di babak eliminasi.

Hasil tersebut membuat kedua atlet putri panjat tebing speed Indonesia akan berlaga di perempat final pada 7 Agustus 2024.

Sebagai informasi, laga babak kualifikasi panjat tebing speed Olimpiade Paris 2024 mempertandingkan 14 atlet dunia. Dalam babak tersebut, terdapat dua tahapan, yaitu penyisihan (seeding heats) dan penyisihan eliminasi (elimination heats).

Pada babak penyisihan, tiap atlet masing-masing diberi kesempatan dua kali untuk melakukan aksi memanjat.

Masing-masing atlet bakal melalui jalur (lane) A dan jalur B. Catatan waktu pada babak seeding heats ini bakal memengaruhi peringkat atlet pada fase penyisihan eliminasi.

Sementara babak penyisihan eliminasi, hanya delapan atlet dengan catatan waktu terbaik yang akan lolos ke babak final.