Bagikan:

JAKARTA - Spanyol sukses mengalahkan Maroko 2-1 pada laga semifinal sepak bola Olimpiade Paris 2024 di Stade de Marseille, Senin, 5 Agustus 2024.

La Roja berhasil bangkit dari ketertinggalan pada paruh pertama. Mereka mencetak dua gol yang mana gol terakhir lahir menjelang laga usai.

Partai dramatis itu berlangsung sengit sejak awal. Kedua tim sudah menampilkan permainan terbuka, sejumlah peluang pun datang.

Hanya saja, gol baru tercipta pada menit ke-37. Di luar dugaan Maroko lebih dulu memimpin melalui Soufiane Rahimi.

Dia sukses mengeksekusi tendangan penalti yang lahir dari pelanggaran Pablo Barrios terhadap Amir Richardson.

Gol Rahimi itu menjadi satu-satunya pada paruh pertama. Maroko mempertahankan keunggulan 1-0 hingga jeda.

Pada babak kedua, Spanyol lebih agresif mengancam pertahanan lawan. Penampilan 45 menit kedua ini membuat catatan statistik La Roja meningkat.

Mereka memang lebih punya lebih sedikit tembakan, yaitu 14 percobaan berbanding 16 milik Maroko secara total. Hanya saja, efektivitas Spanyol lebih baik.

La Roja mengemas lima tembakan tepat sasaran berbanding tiga punya lawan yang menjadi pembeda pertandingan.

Peningkatan intensitas serangan itu membawa Spanyol mendapatkan gol penyama kedudukan yang baru tiba pada menit ke-66. Fermin Lopez menyambar bola liar di kotak penalti yang gagal dijangkau Munir El Kajoui.

Selepas skor sama kuat, Spanyol kian percaya diri. Mereka lebih dominan memberikan tekanan.

Sesekali, Maroko tak tinggal diam dengan membalas melalui serangan balik.

Saat waktu normal diperkirakan akan berakhir 1-1, Juanlu Sanchez yang masuk di babak kedua menjadi pahlawan Spanyol.

Golnya pada menit ke-85 membuyarkan mimpi Maroko ke final Olimpiade Paris 2024. Gol kemenangan La Roja itu juga tercipta melalui andil Fermin Lopez.

Dia melepas umpan cerdik ke kotak penalti yang langsung disambut sepakan Sanchez. Bola meluncur deras ke sudut kanan bawah gawang yang sulit diantisipasi Munir El Kajoui.

Kemenangan 2-1 itu membawa Spanyol mengamankan tiket final Olimpiade Paris 2024. Mereka akan berjumpa tuan rumah Perancis untuk berebut medali emas.

Final Olimpiade tahun ini merupakan partai puncak kedua beruntun Spanyol di multievent terbesar dunia tersebut.

Sebelumnya, La Roja harus puas mendapat medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 usai kalah 1-2 Brasil melalui perpanjangan waktu di final.

Orang Spanyol juga memenangkan perak di Olimpiade Sydney 2000 dan dinobatkan sebagai juara di pertandingan kandang mereka di Barcelona tahun 1992.