Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen, menempati podium tertinggi setelah memenangi final tunggal putra bulu tangkis Olimpiade Paris 2024.

Dia berhak membawa pulang medali emas setelah pada final, Senin, 5 Agustus 2024, malam WIB, menang 21-11 dan 21-11 atas wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Axelsen tampil dominan pada gim pertama dan kedua. Dia hanya bermain ketat pada 10 poin awal di gim pertama dan tidak terkejar lagi oleh lawan setelahnya.

Pada set kedua, ia juga dengan mudah menghasilkan angka demi angka. Kunlavut hanya diberi kesempatan menyamakan kedudukan satu kali pada dua poin pertama.

Kemenangan ini membuat Axelsen menjadi pebulu tangkis tunggal putra kedua yang secara back-to-back memenangi medali emas Olimpiade mengikuti jejak pebulu tangkis China, Lin Dan.

Lin Dan sebelumnya mengukir catatan back-to-back juara Olimpiade pada 2008 di Beijing dan mempertahankan medali emasnya di London 2012.

Tahun ini catatan back-to-back juara Olimpiade juga diukir oleh pasangan ganda putra China Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin. Pasangan itu sebelumnya juga juara di Olimpiade Tokyo 2020.

Untuk tunggal putra tahun ini, medali perunggu sebelumnya diamankan oleh wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Dia mengalahkan pebulu tangkis asal India, Lakshya Sen.

Tunggal putra adalah sektor terakhir yang tampil untuk perebutan medali emas di Olimpiade 2024. Dengan demikian, rampung sudah cabor bulu tangkis di Perancis.

Tiga sektor lainnya yang memenangi emas ialah Chen Qingchen/JianYifan (ganda putri), An Se-young (tunggal putri), dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong (ganda campuran).